Saturday, October 9, 2010

Rumah Arca Kridanggo

Lokasi :
Taman kota Sono Kridanggo - Boyolali
Sejarah :
Rumah arca Kridanggo merupakan penampungan benda-benda purbakala yang diketemukan di wilayah boyolali. Penemuan situs purbakala tersebar dari kecamatan selo, cepogo, ampel dan musuk. Rumah arca yang digunakan sejak awal tahun 1990 itu berukuran 12 meter kali 12 meter. 

Rumah arca kridanggo boyolali
Ruang yang sempit dan koleksi yang banyak ini menyebabkan pengunjung yang hendak melihat-lihat peninggalan dari masa Hindu dan Buddha pada abad ke-8 hingga abad ke-10 itu tak nyaman. Nyaris tak tersedia ruang gerak memadai di antara deretan arca batu yang ditemukan di berbagai pelosok Boyolali itu.
Koleksi rumah arca sebagian besar berupa lembu nandi, serta yoni yang merupakan lambang kesuburan wanita. Selain itu, ada pula relief arca berwujud Siwa guru yang bertubuh tambun dan berjanggut serta Siwa Mahadewa. Selain itu, ada pula patung Durga, perempuan bertangan delapan yang menginjak banteng, serta Ganesha dan Wisnu yang menaiki garuda. 

Koleksi arca di museum kridanggo
Yoni & arca nandi
Arca Durga
Antefiks & fragmen arca
Arca nandi
Di luar rumah arca juga terdapat patung Ganesa setinggi 1,5 meter dan yoni yang tingginya sekitar 1 meter yang diketemukan di kecamatan musuk. 

Arca Ganesha & Yoni yg ditemukan di kec.musuk

2 comments:

  1. Tempatnya bukannya sempit, tapi super sempit, kaya dikurung aja :D
    Udah saatnya Boyolali membuat museum yang pantas (kasus sama juga terjadi di kota saya),,,,

    Itu rekonstruksi arca nandinya maksa banget :D
    Mas Rafael jarang update lagi, kangen artikel baru nih, ditunggu update selanjutnya :D

    ReplyDelete
  2. Salam jumpa, mohon maaf hampir 3 bulan ini saya baru ada permasalahan di pekerjaan yg membuat tidak bisa online dan blusukan lagi. Memang boyolali harus membuat museum yang besar untuk bisa menampung peninggaln ini. Terima kasih mas

    ReplyDelete