Wednesday, March 17, 2010

Candi Sari Cepogo

Setelah kunjungan ke candi lawang maka tujuan berikutnya adalah mencari lokasi candi sari yang juga masih berada dalam satu wilayah. Meskipun begitu saya cukup kesulitan mencari lokasi candi dikarenakan di desa gedangan ini banyak sekali perempatan yang saya jamin bakal membuat anda bingung, kesasar dan cuma muter-muter saja.

Lokasi :
Candi Sari berada di Ds.Gedangan, Kec.Cepogo, Kab.Boyolali.

Rute :
  1. Dari candi lawang anda kembali ke jalan dan ikutilah jalan desa tersebut sampai anda tiba disebuah pertigaan.
  2. Beloklah ke kiri pada pertigaan tersebut, dari pertigaan tersebut anda dapat melihat dari kejauhan ada sebuah pohon beringin besar. Nah disitulah lokasi candi sari berada.
  3. Ikuti jalan tersebut dan anda akan tiba lagi disebuah pertigaan, belok ke kanan dan perhatikan lokasi dimana terdapat pohon beringin besar. Candi sari ada diatas bukit kecil tepat dibawah pohon beringin tersebut.

Dibawah pohon beringin tersebut candi sari berada
Lokasi candi sari diatas bukit kecil diantara ladang warga
Arca Nandi tanpa kepala yg tersisa di candi ini
Yoni peninggalan candi sari
Beberapa batu candi yg berserakan

Sejarah :
Candi sari yang berarti candi yang indah memang berbeda dengan candi sari yang berada di kalasan yogyakarta. Candi sari ini bercorak Hindu sedangkan yg di kalasan bercorak Buddha. Hal ini diketahui dengan adanya Yoni, arca nandi dan puncak candi yg berbentuk ratna. Lokasi candi berada diatas bukit kecil yg dijadikan lahan pertanian warga sekitar. Dan tidak jauh dari candi ini terdapat pohon beringin cukup besar yg menaungi sehingga suasana sangat asri. Tidak diketahui sejarah candi ini secara pasti dan yang tersisa disini hanyalah pondasi candi dan batu2 penyusun candi yg sudah tidak lengkap.

9 comments:

  1. Replies
    1. maaf mas rafael,ijin tanya dulu sebelum blog mas rafael tarabwana kan sebelumnya sanggabuwana kenapa diganti mas...... apa benar memang dulu pakai nama sanggabuwana? terima kasih..

      Delete
  2. Pemandangan dan angin sejuk yang terasa di situs ini bener2 bikin manja....

    ReplyDelete
  3. Betul mas Yacob, enggan rasanya untuk beranjak dari candi ini. Sejuk dan tenang.

    ReplyDelete
  4. terima kasih buat mas rafael atas info yang sangat berarti ini.... saya berpedoman dengan info mas rafael selama blusukan di lokasi candi ini...dan sempurna... infonya.puas rasanya setelah sampai di lokasi candi sari ini..untuk kondisi sekarang 30 november 2014 papan cagar budaya sudah hilang dan di ganti dengan yg baru..ada tambahan bangunan seperti gazebo di sisi sebelah selatan candi sari ini... dan maaf koreksi sedikit,mas, untuk pohon yang besar ternyata bukan pohon beringin...setelah saya amati dari dekat memang bukan pohon beringin,,tapi dari jenis apa saya kurang tahu....tapi salut buat mas rafael yang semangat blusukannya sudah tinggi sekali...hehe.terimakasih.#salam blusukan#

    ReplyDelete
  5. sebelumnya salam kenal dari saya max trist cavalera ,,,, saya dari dulu suka dengan bangunan tua dan candi2 peninggalan purbakala... yang saya tanyakan ,mas rafael pertama kali dapat ispirasi blusukan ke candi2 ini darimana? saya jadi suka blusukan karena terinspirasi blog ini... jadi pemandu yang handal..terimakasih ...#salambudaya#

    ReplyDelete
  6. Halo mohon di buka kembali blognya mas rafael..

    ReplyDelete
  7. ada yg kurang mas! the clarity view of merbabu n merapi! :)

    ReplyDelete