Wednesday, January 25, 2012

Candi Merak

Kunjunganku ke candi merak saya lakukan pada sekitar bulan Februari 2009. Saat itu candi merak belum sepenuhnya dipugar sehingga di lokasi candi masih banyak berserakan batu-batu candi. Saat itu hari sudah pukul 3 sore dan lokasi candi sudah dikunci. Seorang warga memberitahukan rumah Bp.Slamet selaku Juru Pelihara candi ini yang rumahnya tidak jauh dari lokasi candi merak berada.



Lokasi :
Dsn.Candi Merak, Ds.Karangnongko, Kec.Karangnongko, Kab.Klaten

Candi merak diketemukan sekitar tahun 1925. Pemberian nama ini mungkin dahulu lokasi candi ini berada terdapat sarang burung merak. Menurut sejarah sebelumnya dilahan tersebut hanya tanah kosong yang terdapat pohon besar yang waktu itu bernama Pohon Joho. Candi merak ini terkubur dan hanya nampak beberapa batu serta arca yang terlihat berserakan. Candi merak merupakan peninggalan Hindhu dari Kerajaan Mataram Kuno dan diperkirakan sejaman dengan Candi Karangnongko yang berada tidak jauh dari candi ini.

Candi merak saat diketemukan
Candi ini terdiri dari sebuah Candi induk dan 3 buah candi perwara. Saat itu candi induk sudah dipugar sampai bagian badan candi, sedangkan bagian atas sampai atap candi masih berada di lokasi rekonstruksi sementara. Sedangkan untuk ke 3 candi perwara belum dipugar dan masih berupa reruntuhan. Pada bilik candi induk terdapat sebuah yoni dan arca Ganesha serta arca Durga pada bagian relung candi. Terdapat hiasan makara pada tangga naik dan relief pada pipi candi. Disekitar candi berserakan batu-batu candi bagian candi induk yang belum terpasang dan arca-arca yang berserakan direruntuhan candi perwara.


Candi utama sebelum pemugaran tahun 2010
Yoni di candi utama
Arca Durga
Arca Ganesha
Atap Candi induk dalam tahap rekonstruksi
Bagian atas candi induk dalam tahap rekonstruksi
Arca yang berserakan di sekitar candi
Relief di pipi tangga
Arca nandi
Relief Agastya
Pada tahun 2010 bangunan  induk candi merak mulai diteruskan pemugarannya dan pada tahun 2011 Candi Merak sudah purna pugar dan diresmikan. Candi ini terlihat sangat indah dari beberapa foto yang saya peroleh dari teman-teman Bol Brutu. Sayang saya belum sempat menengok candi ini kembali sejak kunjungan keduaku tahun 2010 silam.

4 comments: