Friday, January 6, 2012

Petilasan Ngabei Kartosuro

Masih blusukan didaerah kartosuro selepas dari Keraton Kartosuro saya mampir sebentar ke rumah mertua yang kebetulan tinggal di daerah ini. Dari penuturan Ayah mertua saya selain bekas kraton ada 2 lokasi lagi yang merupakan petilasan Patih atau yang disebut dalam bahasa jawa Ngabei dari Kraton Kartosuro. Petilasan tersebut berada di 2 lokasi yang berbeda dan sayang hanya tinggal 1 lokasi saja yang masih tersisa.

Gerbang Petilasan Ngabei Kartosuro, sayang sudah diganti model modern

Lokasi :
Dsn.Singopuran, Ds.Singopuran, Kec.Kartasura, Kab.Sukoharjo

Petilasan Ngabei ini berada disebuah dusun tidak jauh dari rumah mertua saya. Di tempat ini sekarang masih ditempati sebagai rumah tinggal oleh keluarga yang mungkin masih kerabat dari Kraton Surakarta. Ditempat ini saya menjumpai tembok/pagar/benteng dari batu bata persis seperti benteng kraton kartosuro. Tebal benteng ini sekitar 1 m dan dengan ketinggian 2,5 m, lebih rendah dari tinggi benteng kraton. Didalam tembok ini ada sebuah bangunan rumah, 4 buah makam kuno dengan arca singa di halamannya.Hanya sayang saat itu saya tidak bisa masuk ke dalam karena dikunci dan tidak ada penghuni yang bisa saya temui. Petilasan ini sudah banyak mengalami renovasi dan sudah hilang keasliannya karena pintu gerbang kuno yang dulu menjadi gerbang masuk utama beserta gerbang-gerbang belakang sudah diganti dengan gerbang dengan desain modern.Hanya bentengnya saja yang tidak dirubah. Menurut cerita warga petilasan ini sangat angker dan pernah dijadikan lokasi syuting Uji Nyali Dunia Lain.

Didalam terdapat rumah , halaman luas, makam kuno dan arca singa
Pagar dari batu bata
Tinggi pagar ini sekitar 2.5 m
Tebal tembok ini sekitar 1 m
Untuk petilasan ngabei yang kedua menurut mertua saya berada di Ds.Ngabean, Kec.Kartosuro, Kab.Sukoharjo atau hanya berjarak 1 km dari rumah ayah mertua saya. Tetapi sayang sekali petilasan yang dulu hanya menyisakan sisa benteng dari batu bata ini sudah lenyap dan tidak ada bekasnya sama sekali. Menurut warga sekitar sudah dibongkar dan sekarang sudah didirikan sebuah rumah.

2 comments:

  1. Salam Budaya...ijinuntukambil gambarnya....but sayang artikelnyakurang lengkap gan

    ReplyDelete
  2. Dulu ada benteng di belakang smpn 1 kartasura. Kebetulan saya sekolah disitu. Kalo tidak salah waktu itu sudah mulai terkikis bangunannya tinggal separuh. Sebenarnya banyak bangunan kuno di sekitar kartasura. Namun karena perkembangan jaman, mulai hilang berubah menjadi bangunan tidak berkonsep.

    ReplyDelete