Tuesday, January 3, 2012

Candi Morangan

Tanpa kusadari perjalanan mencari candi dan beberapa situs di daerah Sleman Utara pada tahun 2009 tidak banyak membuahkan hasil.Beberapa situs yang coba saya cari rata-rata tidak diketahui keberadaanya. Minimnya info yang menjadi penyebab utama. Tujuan utama sebenarnya adalah mengunjungi Situs Jetis dan Situs Jaranan yang berada di daerah Cangkringan. Situs jetis berhasil berhasil saya temukan, tetapi situs jaranan sudah saya cari dan bertanya ke beberapa orang tidak membuahkan hasil. Akhirnya mumpung sudah dekat dan tujuan saya alihkan ke candi morangan.

Lokasi :
Dsn.Morangan, Ds.Sindumartani, Kec.Ngemplak, Kab.Sleman

Saya disalah satu bagian candi induk dan Arca Syiwa
Saya dilokasi penemuan candi morangan


 Rute :

  1. Dari prambanan atau dari jogja beloklah ke pertigaan proliman ( ke arah cangkringan)
  2. Ikuti terus jalan tersebut sampai anda di cangkringan.
  3. Setelah sampai di Balai Penelitian Air Tawar Cangkringan lurus terus dan sekitar 3 km anda akan melihat papan nama candi morangan di kiri jalan.
  4. Beloklah ke kanan masuk ke gerbang dusun morangan, berjalanlah terus dan anda akan sampai di candi morangan.

Sejarah :
Candi morangan merupakan salah satu candi Hindhu yang ditemukan sekitar tahun 1982. Candi ini ditemukan terkubur dalam tanah sedalam sekitar 6,5 m. Candi ini merupakan candi yang berada di wilayah utara dan sudah dekat dengan Gunung Merapi selain itu candi ini juga dekat sekali dengan sungai gendol yaitu 100 m disebelah barat. Candi morangan terdiri dari 2 bangunan yaitu sebuah candi induk dan sebuah candi perwara.

Batu-batu candi induk
Rekonstruksi Candi induk
Antefiks candi induk
Candi perwara
 Untuk candi induk sebagian bagian-bagian candi sudah digali dan dipindahkkan sementara ditanah diatasnya untuk direkonstruksi ulang sementara. Sedangkan untuk candi perwara masih berada dilokasi penemuan dan kondisinya rusak berat. Sebenarnya candi ini belum sepenuhnya digali dan dipugar, dikarenakan dana yang terbatas dari pemerintah.Pada kompleks candi Morangan ini juga ditemukan yoni yang cukup besar (saat ini masih berada dilokasi penemuan), tapi sayang cerat yoni ini patah.

Arca resi yang disimpan di pos penjagaan
Yoni candi morangan
Hiasan Kala
Ditemukan juga patung resi serta sejumlah arca lain di dalam relung-relung candi. Candi induk menghadap ke barat,berbilik satu dan berdenah bujur sangkar berukuran 7,95 m x 7,95 m serta mempunyai selasar selebar 90 m.

No comments:

Post a Comment