Wednesday, March 17, 2010

Candi Lawang

Kabupaten boyolali yang identik dengan susu sapi ternyata memiliki beberapa peninggalan purbakala yang berupa situs petirtaan ataupun candi. Menurut seorang teman yg tinggal di selo diceritakan bahwa ada 2 buah candi yg berada di daerah cepogo. Dari penuturan teman tersebut saya coba menjelajahi cepogo untuk membuktikan kebenaran cerita tersebut.
Setelah melewati perjalanan panjang naik turun pegunungan dari magelang melewari blabak, sawangan, ketep, wonolelo, selo dan bertanya kesana kemari akhirnya saya sampai di daerah cepogo dan menemukan apa yang saya cari. Ada 2 buah candi yang berada di Kec.Cepogo, Kab.Boyolali yaitu Candi lawang dan candi sari.
Tujuan pertama adalah mencari candi lawang, pencarian menuju candi ini sungguh sangat sulit dikarenakan lokasi candi ada ditengah desa yang berada cukup jauh dari jalan raya, ditambah banyaknya perempatan dan minimnya petunjuk yang membuat hampir 30 menit lebih saya baru bisa menemukan lokasi candi ini.

Lokasi :
Candi lawang  berada di Ds.Gedangan, Kec.Cepogo, Kab.Boyolali.

Rute :
  1. Setelah tiba di pasar cepogo ikuti terus jalan yang menuju ke arah boyolali.
  2. Ada sebuah pertigaan di kanan jalan yang ditandai dengan sebuah tugu bambu runcing dan sebuah papan petunjuk ke arah Pracimoharjo.
  3. Beloklah ke pertigaan tersebut dan lurus terus maka anda akan tiba dipertigaan tepat di depan Pesanggrahan Pracimoharjo. Belok ke kiri dan ikuti terus jalan tersebut sampai anda tiba disebuah pertigaan.
  4. Dipertigaan tersebut beloklah ke kanan dan anda akan masuk ke desa candiroto. Ikuti jalan tersebut dan beloklah ke kiri pada pertigaan yang kedua. Belok dipertigaan tersebut anda akan berjumpa lagi dengan sebuah perempatan. Belok ke kiri dan ikuti jalan tersebut sampai anda tiba disebuah pertigaan yang terdapat Poskamling Ds.Candiroto.
  5. Beloklah ke kanan dan ikuti jalan tersebut sampai bertemu dengan pertigaan lagi. Belok ke kiri dipertigaan tersebut dan ikuto jalan sampai tiba lagi disebuah perempatan. Belok ke kanan dan lurus terus sampai anda melewati sebuah lapangan.
  6. Setelah melewati lapangan akan bertemu lagi dengan sebuah pertigaan, jika lurus anda akan sampai di petilasan Tapak Noto. Dipertigaan tersebut belok kanan dan anda akan melewati jalan kecil dengan rimbunnya rumput gajah dan melewati hutan bambu.
  7. Anda akan berjumpa lagi dengan sebuah pertigaan. Disini terdapat papan nama menuju ke candi lawang. Belok kiri pada pertigaan tersebut dan ikuti jalan tersebut sampai anda tiba dipertigaan lagi. Belok kiri pada pertigaan tersebut dan ikuti jalan tersebut maka anda akan sampai di pertigaan Ds.Gedangan.
  8. Disini anda belok kanan dan carilah pertigaan kedua, lalu belok kiri. Candi Lawang ada dibelakang rumah warga.

Bangunan induk Candi Lawang
Reruntuhan candi wahana dalam satu batur
Reruntuhan candi perwara yg berada disebelah kanan candi induk
Reruntuhan candi perwara yg berada disebelah kiri candi induk
Yoni yg berada di candi lawang
Pintu masuk (lawang) candi induk
Puncak ratna diantara reruntuhan batu
Padmasana
Sejarah :
Candi ini berada di tengah perkampungan dan suasananya sangat sepi dan asri. Candi lawang merupakan kompleks candi Hindhu dengan struktur seperti kompleks candi prambanan, yaitu 3 candi utama dan 3 candi wahana.Berdasarkan hasil penelitian, Candi Lawang lebih tepat disebut dengan “kompleks Candi Lawang” yang antara lain ditunjukkan oleh kompleksitas bangunan yang terdiri atas sedikitknya 6 bangunan. Keenam bangunan yang sudah dapat dikenali adalah satu Bangunan Induk, dua bangunan perwara di kanan dan kiri bangunan induk, serta tiga bangunan di atas satu batur yang berada di depan ketiga bangunan tersebut.
Candi ini masih dalam tahap pemugaran oleh pihak purbakala tetapi saat ini pemugaran tersebut terhenti, entah mengapa sebabnya??

6 comments:

  1. candi ini letaknya g di daerah pegunungan kan mas?maksudnya bisa dijangkau pake motor ga?thanks..

    ReplyDelete
  2. Candi ini berada di tengah desa dan dapat dijangkau dengan motor. memang jalan untuk menuju lokasi candi lewat daerah pegunungan.

    ReplyDelete
  3. suwun info-nya
    mungkin dalam rencana gowes Solo - Boyolali - Ketep Pass - Magelang menjelang akhir bulan Desember 2012 ini, aku dan temanku akan mampir ke petilasan ini :)

    http://bikingjourneyofnana.blogspot.com
    http://anandaranz.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. CANDI ADALAH SEBUAH SITUS BANGUNAN PADA JAMANNYA , saksi perjalanan sejarah hingga kini dimana candi adalah tempat pemujaan para leluhur bangsa ini , jarang yg memandang penting hal tsb padahal para leluhur sampai saat ini pun senantiasa melihat dan memikirkan para cucu wayah agar dpt menjalankan sejarah dgn baik , ujud perhatian seharusnya para pejabat terkait sgr dpt meneruskan pemugaran renovasi keadaan situs candi lawang tsb ...SEMOGA

    ReplyDelete
  5. CANDI ADALAH SEBUAH SITUS BANGUNAN PADA JAMANNYA , saksi perjalanan sejarah hingga kini dimana candi adalah tempat pemujaan para leluhur bangsa ini , jarang yg memandang penting hal tsb padahal para leluhur sampai saat ini pun senantiasa melihat dan memikirkan para cucu wayah agar dpt menjalankan sejarah dgn baik , ujud perhatian seharusnya para pejabat terkait sgr dpt meneruskan pemugaran renovasi keadaan situs candi lawang tsb ...SEMOGA

    ReplyDelete