Thursday, March 18, 2010

Candi Pringtali

Lokasi :
Candi ini berada di sebuah tempat yang cukup terpencil di sebuah desa di pegunungan menoreh, tepatnya di Dsn.Pringtali, Ds.Kebonharjo, Kec.Samigaluh, Kab.Kulon Progo - Yogyakarta.

Lokasi candi pringtali
Bagian puncak candi pringtali
Struktur batu2 candi pringtali
Sebuah lingga yg ditemukan di candi pringtali
Candi pringtali

Sejarah :
Perjalanan ke candi ini bisa dikatakan perjalanan blusukan yang paling menantang, dikarenakan lokasi yg jauh, naik pegunungan dan lokasi candi yg sangat terpencil. Keberadaan candi ini tidak banyak diketahui dan hanya arkeolog maupun orang yg cari berkah saja yg mengetahuinya. Candi ini diperkirakan peninggalan Hindhu dengan ditemukan lingga dan bentuk candi yg berupa ratna. Mengenai sejarah kapan candi ini didirikan tidak diketahui dikarenakan tidak ada juru pelihara yg dapat ditemui.
Kondisi situs :
Situs ini sepertinya memiliki bentuk tidak seperti yg ada sekarang, diperkirakan situs ini dulu ditemukan dalam keadaan rusak dan disusun seperti sekarang ini oleh seorang paranormal. Kondisi situs yg berada di tepi jurang dikhawatirkan dapat longsor dan dikhawatirkan juga akan terdesak oleh pohon beringin yg tumbuh disebelah candi ini.

3 comments:

  1. mas tara, itu candi struktur awal nya memang seperti itu atau sudah mengalami perubahan?? karena bentuk candi nya menurut saya tidak umum..bisa di jelaskan apa itu corak jawa tengah atau jawa timur

    ReplyDelete
  2. Struktur candi ini sebenarnya bukan seperti ini, menurut saya penyusunan batu2 ini asal-asalan karena situs ini ditemukan dalam keadaan rusak. Corak candi ini masih model candi jawa tengah.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete