Sunday, March 21, 2010

Situs Mantingan

Lokasi :
Situs purbakala ini berada diatas bukit di Ds.Mantingan, Kec.Salam, Kab.Magelang.
  
Lapik arca yg berada diatas bukit singo barong di ds.mantingan
Selain lapik arca terdapat beberapa umpak yg berserakan
Lapik arca ini tidak memiliki ornamen atau relief
Umpak
Jalan menuju situs mantingan


Sejarah : 
Situs mantingan pada awalnya tidak pernah saya ketahui, tetapi dari keterangan pada saat penemuan candi losari, pihak BP3 menyimpulkan bahwa candi losari masih satu ikatan dengan candi gunung wukir dan situs mantingan. Saya coba mencari letak dari situs mantingan ini lewat referensi internet tetapi tidak ada hasilnya.
Pada saat kunjungan saya ke candi gunung wukir saya mendapat keterangan bahwa situs mantingan memang ada dan berada di desa mantingan yg lokasinya tidak jauh dari desa canggal.
Di desa mantingan tidak banyak yg tahu mengenai keberadaan situs ini, setelah bertanya kesana kemari warga sekitar hanya tahu bahwa dulu terdapat arca, hiasan kala dan beberapa ornamen di desa mantingan. Pernah juga ditemukan 3 buah makara yg sekarang sudah diamankan pihak BP3. Mengenai keberadaan arca, kala dan ornamen lainnya sudah tidak diketahui dikarenakan lokasi benda2 ini sudah dibangun menjadi rumah warga.
Tetapi dari penuturan warga yg saya temui juga disebutkan bahwa masih ada sisa peninggalan purbakala yg berada di sebuah bukit dekat desa yg disebut warga bukit singo barong. Tidak diketahui kenapa diberi nama singo barong, mungkin dahulu pernah ada hiasan kala yg ditemukan disini. Segera saya kunjungi bukit tersebut dan ternyata saya jumpai sebuah lapik arca yg cukup besar dan beberapa umpak batu yang tersebar dibawah rimbunnya pohon bambu. Selain itu juga ada sebuah fragmen arca nandi yg sudah aus dan dipenuhi lumut sehingga sulit dikenali lagi.

3 comments:

  1. Terimakasih kepada team penemu arca mantingan, saya sebagai warga negara Indonesia sangat salut terhadap teman teman yang terlah berusaha menyelamatkan sejarah bangsa ini

    dari Made suardana

    ReplyDelete
  2. Terima kasih kembali, sudah selayaknya kita sebagai generasi muda wajib melestarikan situs tersebut.

    ReplyDelete