Sunday, August 1, 2010

Situs Dimajar

Lokasi :
Situs Dimajar berada di Ds.Dimajar, Kel.Sumberarum, Kec.Tempuran, Kab.Magelang.
Sejarah :
Kata Dimajar menurut warga desa berasal dari kata Demakjar, yaitu menurut cerita dulu Sunan dari Demak pernah singgah dan mendirikan sebuah masjid di desa ini sehingga desa ini diberi nama Demakjar.

Masjid ds.dimajar yg dulu dibangun oleh sunan dari demak,
Masjid tersebut sampai sekarang masih ada dan sudah direnovasi. Yang akan saya ceritakan disini bukanlah sejarah masjid tetapi adanya situs purbakala peninggalan Hindhu yg sempat menjadi bagian dari masjid ini. Dulu pernah ada sebuah candi yg berada di desa ini, candi tersebut merupakan candi Hindhu terbukti dengan adanya sebuah yoni  yg masih tersisa.

Yoni dan umpak kecil yg disitus dimajar
Selain yoni juga banyak sekali batu bata berukuran besar yg ditemukan di desa ini. Oleh pendiri masjid yoni ini dulu digunakan sebagai umpak masjid. Pada akhirnya setelah masjid ini direnovasi maka yoni tersebut tidak dipergunakan lagi dan diletakkan dipojok halaman masjid.

Umpak2 kecil
Yoni ini dulu dipakai sebagai umpak masjid
Tidak diketahui dengan jelas sejarah dan latar belakang dari situs ini dikarenakan minimnya info. Batu2 bata yg merupakan bagian dari situs ini sudah banyak yg dipakai sebagai pondasi rumah.

No comments:

Post a Comment