Monday, August 30, 2010

Situs Kanggan

Lokasi : 
Situs Kanggan berada di Dsn.Kanggan, Ds.Wringin Putih, Kec.Borobudur, Kab.Magelang.
Sejarah :
Disekitar Candi Borobudur banyak sekali bertebaran situs-situs purbakala yang bercorak Hindhu. Sebagian situs tersebut sudah banyak yang di pindahkan ke Balai Konservasi Candi Borobudur atau ke Kantor BP3, tetapi ada juga yg sebagian masih insitu dikarenakan ada faktor2 tertentu yg tidak memungkinkan situs tersebut dipindah. Salah satunya adalah situs kanggan. Situs ini berupa 2 buah yoni yg berada di sebuah ladang milik warga.
Kondisi :
Yoni yg pertama berukuran besar dengan hiasan dibawah cerat berupa Gana dan bukan Naga seperti hiasan Yoni pada umumnya.

Yoni pertama dengan kondisi yg masih bagus dengan ukuran yg cukup besar
Ornamen Gana yg berada di bawah cerat yoni. Biasanya berupa ular naga.

Yoni yg kedua berada 3 m dari yoni pertama dan berukuran lebih kecil. Yoni ini ceratnya patah dan tidak ada motif atau hiasan apa pun.

Yoni kedua yg berukuran lebih kecil
Kondisi yoni ini sudah banyak kerusakan dan ceratnya juga patah
Warga sekitar tidak mengetahui bagaimana sejarah situs ini dan hanya diketahui bahwa situs ini dari dulu sampai sekarang tetap seperti ini. Situs ini disebut Candi Wurung yang berarti candi yg belum jadi dibuat. Pihak purbakala pernah berusaha untuk memindahkan kedua yoni ini ke kantor purbakala tetapi dengan usaha dan cara apapun termasuk mendatangkan paranormal tetap tidak berhasill memindahkan.

No comments:

Post a Comment