Monday, August 30, 2010

Situs Gunung Pring

Lokasi :
Situs Gunung Pring merupakan salah satu dari sekian banyak situs purbakala yg berada di Kec.Muntilan. Situs ini berada di Dsn.Ngasem, Ds.Gunung Pring, Kec.Muntilan, Kab.Magelang.
Peninggalan yg tersisa :
Dari hasil penjelajahan di dusun ngasem hanya ada satu buah batu candi yg berhasil saya ketemukan dan berada di belakang sebuah bengkel. Pada batu andesit ini terdapat ukiran yg cukup indah dan masih bisa terlihat dengan jelas motifnya.

Batu andesit bagian dari sebuah candi di situs gunung pring
Ukiran ornamen yg terdapat pada batu ini masih cukup baik
Sejarah :
Menurut warga diyakini bahwa dahulu pernah ada sebuah candi di dusun ini dan masih berhubungan dengan candi ngawen yg berada sekitar 4 km dari dusun ngasem.
Diperkirakan dahulu candi yg berada di dusun ini mungkin Candi Buddha, hal ini disebutkan dengan alasan bahwa dahulu sering terjadi penampakan Bhiksu Buddha disekitar dusun ini.

5 comments:

  1. Makasih atas informasi ini, saya yang orang Gunungpring sama sekali belum pernah lihat situs candi tersebut. Itu di bengkel sebelah mana ya mas? Tolong saya diberi tahu. Ini email ku muslihmuntilan@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang keberadaan candi ini masih misterius, nama bengkelnya saya lupa pak, coba kalau saya kesini lagi saya foto detail lokasinya

      Delete
  2. Saya tahu dari mana dan siapa yang menaruh batu tersebut dilokasi itu..
    menurut saya perlu penelitian lebih dalam untuk menyebut bahwa ada sebuah candi didusun ngasem..

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. iNI MAS rOSYID MANA YA, SAYA mUTIHAN gUNUNGPRING. MALAH BELUM TAHU JE

      Delete