Saturday, September 18, 2010

Candi Selogriyo

Lokasi :
Candi Selogriyo berada di lereng Timur kumpulan tiga bukit yakni Bukit Condong, Giyanti dan Malang di Ds.Campur Rejo,Kec.Windusari, Kab.Magelang.

Bukit yg menaungi candi selogriyo
Sejarah :
Candi Selogriyo adalah peninggalan masa Hindu sekitar abad ke-9 yang antara lain ditandai arah hadap pintu ke Timur, adanya arca Ganesha, Durga, Agastya di candi tersebut.Candi ini ditemukan dalam keadaan runtuh dan direkonstruksi menjadi bentuk seperti sekarang ini. Candi ini pernah direkonstruksi ulang setelah mengalami kerusakan parah akibat longsor pada 31 Desember 1998.

Pintu gerbang baru yg berada di bawah bukit
Candi selogriyo
Kondisi :
Untuk menuju ke lokasi candi ini agak sulit dikarenakan letak candi yang berada di daerah cukup terpencil dengan kondisi jalan setapak yg hanya bisa dilalui dengan kendaraan roda 2 atau dengan berjalan kaki.Terdapat beberapa batu2 candi yg tidak bisa terpasang dan diletakkan di halaman candi.

Arca Ganesha
Arca Agastya
Arca Nandiswara
Arca Mahakala
Candi yang terletak pada ketinggian sekitar 600 meter dari permukaan air laut itu luasnya 36 meter persegi dengan ketinggian sekitar 15 m.

Batu2 candi yg tidak bisa terpasang

12 comments:

  1. meskipun lokasinya terpencil tapi tamannya terlihat sangat rapi dan terawat. kalo boleh tau ancer-ancer untuk kesini lewatnya mana mas?

    ReplyDelete
  2. Suasana di candi ini sangat asri, rapi dan nyaman sekali. Untuk ke candi ini dapat melewati Jl.Magelang - Semarang, tepatnya setelah sampai di daerah payaman berbelok ke arah pemandian kalibening. Dari sini berjalan lurus terus sampai di Kec.Windusari.

    ReplyDelete
  3. Setelah sampai di kecamatan windusari bisa bertanya ke penduduk lokasi candi selogriyo.

    ReplyDelete
  4. daerah payaman tu sebelum belokan ke candi borobudur atau sesudah mas?terus dari kec.windusari itu ke candinya bs ditempuh pake motor ga?jalannya terjal g ke arah candinya?
    Muhammad Rahzen..thanks.

    ReplyDelete
  5. Daerah payaman jauh sekali dari belokan ke candi borobudur. Kalau itu masih daerah palbapang. Payaman ada di jalan Magelang - Semarang. Tepatnya setelah melewati kota magelang apabila akan ke semarang maka akan melewati daerah payaman ( sebelum secang ). Nanti ada pertigaan ke arah pemandian kalibening payaman. Belok ke arah tersebut maka nanti akan sampai ke windusari. Untuk lokasi candi bisa ditempuh dengan motor, tetapi jalannya sempit, setapak dan cukup terjal.

    ReplyDelete
  6. BGUS JGA THU TEMPATNYA.. NYAMAN N BERSIH

    ReplyDelete
  7. Candi ini tempatnya sangant bagus, sejuk, asri dan nyaman sekali serta terawat dengan baik.

    ReplyDelete
  8. Aq prnh kesini 2 X.
    tmptny memang bagus.
    Sip dah ada yg post keberadaanny

    ReplyDelete
  9. disana kira-kira ada pemandu sejarahnya nggak?

    ReplyDelete
  10. Ada juru pelihara yang menjaga dan merawat candi ini, beliau siap mengantar dan memberi penjelasan kepada setiap tamu yang berkunjung ke candi ini

    ReplyDelete
  11. klo naik motor bisa ditipin di warga nggak ya mas?

    ReplyDelete