Sunday, September 19, 2010

Situs Kajangkoso

Lokasi :
Situs Kajangkoso berada di Ds.Kajangkoso, Kec.Dukun, Kab.Muntilan tepatnya di jalan arah ke pos pengamatan merapi babatan.
Sejarah :
Situs ini diketemukan oleh penduduk sekitar pada saat membuat irigasi untuk sawah. Dari hasil penemuan sempat dilaporkan ke pihak purbakala yg menyatakan bahwa kemungkinan struktur batu yg berada di saluran irigasi tersebut diperkirakan adalah sudut candi. Dari hasil penelitian diperkirakan situs ini cukup luas dan katanya lebih luas dari Borobudur, warga khawatir jika situs ini digali mereka takut digusur.

Disaluran irigasi inilah situs kajangkoso berada
Pada saluran air ini terdapat struktur batu andesit
Struktur batu yg diperkirakan sudut bangunan candi
Struktur batu yg belum digali
Batu candi situs kajangkoso

2 comments:

  1. Mas Aleks, situs itu benar berada di dusun Kajangkoso, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Kondisi terakhir situs itu agak mengkhawatirkan karena jalan raya yang ada di atas candi, sekarang ini untuk lalulintas angkutan berat kendaraan menuju base Camp ready mix yang ada di sebelah atas candi kira-kira 1 km di timur candi. Demikian Mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mas, situs ini berada di jalan menuju ke arah babadan. Lokasi jalan sempit dan rusak. Situs ini terlihat di aliran sungai kecil di tepi jalan

      Delete