Tuesday, September 28, 2010

Situs Krincing

Lokasi :
Dsn.Ngloji, Ds.Krincing, Kec.Secang, Kab.Magelang
Sejarah :
Situs ngloji termasuk salah satu peninggalan purbakala jaman Hindhu yg berada di kec.secang. Penemuan situs ini terjadi sekitar 20 tahun yg lalu pada saat seorang warga sedang menggali pondasi untuk membangun rumah dan bengkel.

Dibawah rumah inilah pernah ditemukan struktur pondasi candi
Batu bata besar situs ngloji yg berserakan di bengkel
Pada penggalian tersebut diketemukan struktur pondasi candi dari batu bata, batu bata berelief, arca nandi dan batu2 bata berukuran besar. Penemuan tersebut dilaporkan segera ke Kelurahan setempat dan ditindak lanjuti dengan peninjauan dari BP3 Yogyakarta. Demi keamanan batu bata berelief dan arca tersebut diamankan oleh pihak purbakala untuk diteliti lebih lanjut sedangkan batu bata yg tersisa banyak yg dikubur kembali dan hanya beberapa yg masih terlihat saat ini. Lokasi penemuan tersebut saat ini sudah menjadi rumah tinggal dan sebuah bengkel.

Kondisi batu bata yg sudah tidak utuh
Batu bata besar yg sebagian besar sudah dikubur menjadi pondasi
Selain penemuan pondasi candi menurut warga ada 2 buah yoni yg sekarang sudah tidak diketahui keberadaannya. Yoni yg pertama dulu ditemukan disebuah lahan yg sekarang ini dijadikan Pondok Pesantren. Sulit untuk meninjau keberadaan yoni tersebut dikarenakan tidak sembarang orang bisa masuk ke dalam pondok jika bukan dari kelompok tersebut. Menurut cerita warga yoni tersebut sudah hilang dan tidak diketahui bagaimana terjadinya. Yoni yg kedua berada di sebuah bukit yg bernama Gunung Sipet yg berjarak sekitar 4 km dari dsn.ngloji. Keberadaan yoni ini pun juga sudah tidak diketahui lagi karena menurut warga sekitar yoni ini hilang dicuri.

No comments:

Post a Comment