Sunday, July 4, 2010

Arca Nandi Colomadu

Lokasi :
Jl.Adi Sumarmo, Kec.Colomadu, Kab.Karanganyar

Arca nandi yg kondisinya sudah aus
Arca ini dipagar besi dan masih sering diberi sesaji
Sejarah :
Diperempatan Colomadu - Karanganyar tepatnya diseberang POLSEK Colomadu terdapat sebuah peninggalan purbakala yaitu sebuah Arca Nandi. Arca ini keadaannya sudah aus dan diberi pagar besi berukuran 1x1 m. Tidak ada informasi dari mana arca ini berasal atau dari peninggalan candi apa, ataukah dulu arca ini dicuri dan diletakkan disini juga tidak ada orang yang tahu. Masih banyak orang yang memberikan sesaji di arca ini dan tidak ada yang berani memindahkan atau mengusik keberadaan arca ini.

5 comments:

  1. Pein

    Wah, baru tahu ada arca ini, sayakan barusan dari Karangnayar,

    Colomadu itu yang ada sub -terminal bus Tawangmangu - Solo bukan ya ??

    ReplyDelete
  2. Colomadu itu dekat dengan kartosuro mas dan lokasi arca ini tepat diperempatan colomadu yg ke arah bandara adi sumarmo.

    ReplyDelete
  3. arca nandi itu tunggangan dewa siwa, itu patut di lestarikan dan lebih bagus di bangun pura untuk penyembahan beliau (dewa siwa)

    ReplyDelete
  4. Betul sekali mas, nandi adalah wahana Dewa Syiwa dan sayang sekali saat ini hanya diberi pagar saja, belum ada tindakan pelestarian

    ReplyDelete
  5. di daerah nandi berada terdapat pangkalan TNI AU . apa mungkin dahulu pangkalan TNI AU itu bekas candi? saya lihat daerahnya lapang luas dan berundak undak. semoga para peneliti membaca komentar saya😊

    ReplyDelete