Sunday, July 4, 2010

Umpak batu di depan SMPN 6 Boyolali

Lokasi :
Situs yang akan saya tampilkan kali ini berupa 3 buah umpak batu yang berada di pinggir Jl.Kenanga R No.32/II Boyolali atau tepatnya berada di seberang SMPN6 Boyolali.
Sejarah :
Di daerah boyolali banyak sekali peninggalan purbakala yang tersebar di beberapa kecamatan, sebagian ada yang masih berserakan di desa2 dan bahkan banyak juga yang tidak terurus dan berada di halaman rumah atau malah berada di pinggir jalan.

2 buah umpak yg berada ditepi jalan
Umpak yg beralih fungsi menjadi alas pot
Tidak diketahui umpak 2 tersebut peninggalan dari candi apa dan kenapa ada di situ. Dilihat dari lokasi mungkin dulunya umpak ini dicuri dan diletakkan di tempat sekarang berada. Kondisi umpak masih cukup bagus, salah satu ada yang dipakai untuk alas pot.

1 comment:

  1. 3 yoni kecil tsb sekarang dipindah agak ke barat, di gardu Poskamling.
    Dari pemilik rumah, diperoleh keterangan, ketiganya berasal dari sekitar makam Ngupit, Klaten. Awalnya di Ngupit ada 4 yoni, yaitu ketiga yoni tsb dan 1 yoni besar, yg oleh warga sana disebut meja dan kursi, serta ada 1 patung besar, kalau tidak salah ingat yg diceritakan itu patung ganesha. Yoni besar dan patungnya sudah tidak terlacak krn ada yg menjualnya, dan 3 yoni kecil itu diboyong ke Boyolali.

    ReplyDelete