Sunday, September 19, 2010

Candi Karangnongko

Lokasi :
Candi Karangnongko adalah reruntuhan candi yg berada di arel persawahan di Ds.Karangnongko, Kec.Karangnongko, Kab.Klaten.

Sawah lokasi reruntuhan candi karangnongko
Papan nama candi dan papan peringatan
Sejarah :
Bangunan ini hanya tinggal pondasi (situs) saja, kira-kira berukuran 3x3 m² dengan tinggi + 0,5 m.Kira-Kira 2 km dari candi karangnongko, terdapat candi Merak. Candi tersebut memang masih dalam proses ekskavasi (penggalian). Dari kondisi yang ada, sudah terungkap posisi candi induk yang menghadap ke arah barat. Candi ini diyakini sebagai candi Hindu, tidak lain karena di area candi induk terdapat sebuah lingga.Tidak jauh dari candi ini (kira-kira 5 m) terdapat mata air yang jernih, dan di dasar mata air ini terdapat susunan batu-batu yang menyerupai pondasi kolam zaman dulu.Di sekitar candi induk juga terdapat beberapa susunan batu-batuan yang diyakini adalah bagian dari candi induk ataupun candi perwara.

Pintu masuk candi karangnongko
Struktur pondasi candi karangnongko
Mata air yg berada tidak jauh dari candi, terdapat beberapa batu andesit di mata air ini
Lingga yg tersisa di candi karangnongko
Sebagian batu2 candi ini masih terpendam

1 comment:

  1. Enjoying your blog very much! Banyak banget ya ternyata candi-candi yang nggak banyak diketahui oleh umum dan ga terpelihara..
    Penasaran, njenengan blusukan ke situs2 and candi sebanyak ini tau darimana ya infonya? Soalnya kan ndlesep semua tempatnya..

    Perhatian terbesar cuma ke prambanan and borobudur, padahal masih banyak lainnya yang nggak kalah penting dan menarik...Andaikan banyak pihak swasta or masyarakat yang mau mendanai perawatan dan penggalian situs2 ini, biar lebih terawat dan jadi objek wisata yang menarik...

    Kalau bukan gara2 orang seperti sampeyan yang mendokumentasikan, mungkin saya ga akan pernah tahu tentang candi-candi kecil ini. Hebaat................

    ReplyDelete