Saturday, September 25, 2010

Candi Umbul

Menikmati perjalanan dari Semarang ke Magelang ataupun sebaliknya beberapa kali saya melihat sebuah papan nama yang bertuliskan Pemandian Candi Umbul - Warisan tempoe doeloe. Dalam hati saya bertanya apakah itu sebuah situs klasik ataukah hanya pemandian biasa. Saya mencoba mencari keterangan di internet dan ternyata benar bahwa Candi Umbul termasuk Benda Cagar Budaya dari jaman Mataram Kuno. Akhirnya pada suatau kesempatan di tahun 2010 saya berkunjung ke candi ini, meskipun dengan tujuan hanya memotret dan tidak mencoba mandi disini.

Lokasi :
Ds.Kertoharjo, Kec.Grabag, Kab.Magelang

Sejarah :
Candi Umbul berbeda dengan candi pada umumnya karena di situs candi ini adalah tempat pemandian. Terdapat 2 area pemandian dalam situs ini. Pemandian pertama adalah pemandian air hangat alami sedangkan pemandian berikutnya adalah pemandian air tawar. Candi ini konon adalah tempat pemandian para putri raja setelah mereka melakukan ritual tertentu di Candi Borobudur.

Lokasi candi umbul
Kolam pemandian air hangat candi umbul
Batu2 penyusun bagian tengah petirtaan
Disekitar kolam pemandian ini terdapat tumpukan batu2 andesit, batu berelief, antefiks, hiasan kala di tangga masuk kolam, yoni, fragmen arca dan lapik arca yg berada didalam kolam air hangat. Diperkirakan batu2 candi tersebut adalah bagian dari candi umbul pada masa lalu.

Hiasan kala di tangga masuk kolam pemandian
Yoni kecil yg sudah rusak
Fragmen arca
Hiasan Kala
Batu2 bagian candi umbul
Antefiks
Dahulu ditengah-tengah kolam pemandian ini terdapat sebuah arca Durga yang berada tepat diatas lapik arca yang berada didasar kolam. Arca tersebut menurut penuturan dari Juru Pelihara Candi ini sekarang sudah dipindahkan. Yang jelas arca tersebut tidak dipindah ke Kantor Purbakala atau museum tetapi dipindahkan ke halaman Kantor Polresta Jagoan Kota Magelang. Benar tidaknya saya belum sempat mengecek ke Kantor Polres.

4 comments:

  1. mantap nih..
    kemarin kesana nyoba air hangatnya
    segeer..

    ReplyDelete
  2. peninggalan sejarah harus dilestarikan
    selamat berwisata

    ReplyDelete
  3. Pemandian ini memang airnya hangat dan menarik untuk dikunjungi.
    Terima kasih Wisata Magelang, semoga tempat ini bisa menjadi tujuan wisata di wilayah Magelang

    ReplyDelete
  4. Waah.. Wajib nyampe nih.. thank's infonya gan..

    ReplyDelete