Friday, October 8, 2010

Situs Gunung Gono

Gunung Gono adalah sebuah bukit yang berada di Kec.Dukun Kab.Magelang. Bukit ini dikenal oleh masyarakat karena terdapat sebuah makam seorang tokoh penyebar agama Islam yaitu Kyai Mukri. Makam tersebut dikeramatkan dan sering dikunjungi para peziarah.Dalam penjelajahan di daerah ini tujuan saya adalah mencari keberadaan situs Hindhu yang konon berada dibukit ini.

Lokasi :
Dsn.Gunung Gono, Ds.Banyubiru, Kec.Dukun, Kab.Magelang.

Gunung Gono
Rute :
  1. Dari tugu bambu runcing di muntilan ikuti tersu jalan yang menuju ke yogyakarta.
  2. Setelah melewati terminal muntilan maka anda akan bertemu dengan sebuah perempatan lampu merah.
  3. Belok kiri dan ikuti terus jalan tersebut sampai anda tiba di Ds.Banyubiru. Ikuti terus jalan tersebut sampai anda melihat papan nama Makam Kyai Mukri di kiri jalan.
  4. Diseberang papan nama tersebut ada sebuah jalan kecil, masuklah ke jalan tersebut dan anda akan sampai di Dsn.Gunung Gono.
  5. Parkirlah kendaraan anda dirumah warga sekitar dan naiklah ke atas bukit. Anda akan sampai di situs gunung gono.
Sejarah :
Situs gunung gono merupakan situs purbakala yang berada diatas sebuah bukit di kec.dukun. Kondisi situs berada dekat dengan sebuah makam keramat Kyai Mukri. Dahulu kala situs ini banyak dikunjungi oleh penganut agama Hindhu dari berbagai daerah dan melakukan ibadah di tempat ini. Seiring dengan masuknya agama Islam, maka tempat ini mulai ditinggalkan.
Benda purbakala yang tersisa diatas bukit ini adalah sebuah yoni yang sangat besar dan sebuah arca ganesha. Yoni tersebut masih bagus kondisinya hanya sayang posisi yoni ini terguling dan tidak terawat. Sedangkan untuk arca ganesha keadaanya sangat memprihatinkan, kondisi arca ini hanya tersisa bagian perut sampai kaki dan jika tidak diamati dengan teliti orang tidak akan mengira batu tersebut adalah fragmen arca ganesha.

Yoni di puncak gunung gono
Yoni ini posisinya terguling dan berukuran sangat besar


Arca Ganesha yang hanya tersisa bagian perut dan kaki
Bagian belakang arca ganesha
Dari penemuan arca ganesha tersebut maka bukit ini disebut Gunung Gono oleh penduduk sekitar. Nama lain Ganesha adalah Gana, dimana orang jawa menyebutnya Gono.

3 comments:

  1. Ini adalah salah satu dari puluhan situs purbakala di daerah Kabupaten Magelang yang tidak/kurang terurus. Akankah benda-benda purbakala yang merupakan saksi-saksi sejarah tersebut akan rusak bahkan hilang begitu saja?

    ReplyDelete
  2. Kalau dari kondisi saat ini dan kenyataan yang ada,kemungkinan kondisi benda2 purbakala akan rusak dan hilang. Kurangnya kesadaran masyarakat sekitar dalam ikut menjaga dan melestarikan juga kurang.

    ReplyDelete
  3. terima kasih telah mengenalkan desa kami di masa yang lalu

    ReplyDelete