Friday, October 8, 2010

Penampungan BCB Mlati

Lokasi :
Ds.Cebongan, Kec.Mlati, Kab.Sleman dan berada tepat dibelakang KORAMIL Cebongan.

Lokasi Penampungan BCB Mlati

Sejarah :
Penampungan BCB ini digunakan untuk menampung dan meneliti semua benda-benda purbakala peninggalan jaman Hindhu / Buddha yang ditemukan di dusun-dusun di kec.mlati. Untuk jumlah benda yang ditampung di lokasi ini lebih banyak dan lebih menarik daripada yang berada di penampungan BCB Turi.

Benda purbakala yang ditampung
Yoni koleksi penampungan BCB Mlati
Benda-benda tersebut sebagian besar diketemukan secara tidak sengaja oleh penduduk sekitar. Ada juga beberapa yang sudah sejak lama berada di halaman warga atau berada di makam desa. Demi menjaga keamanan dan kelestarian benda-benda purbakala tersebut maka semua BCB dari wilayah kec.mlati dibawa ke lokasi ini.

Fragmen stupa dan antefiks
Kala
Arca Nandi
Arca Hindhu dan Buddha
Benda-benda yg ditampung disini antara lain arca Buddha, arca Hindhu, arca nandi, yoni, fragmen arca, fragmen stupa, arfetak candi dan berbagai macam batu-batu candi yg sebagian besar bentuknya sudah tidak utuh lagi.

6 comments:

  1. Mohon cari tau Candi Jongke kidul terkubur kira2 9 m dari level skrang krn erupsi merapi abad 10, letak di selatan desa sel rumah Bu Karsini, sebagian batu kami koleksi.

    ReplyDelete
  2. anonim Daman Nuri, tinggal di Ungaran n Jakarta

    ReplyDelete
  3. Mohon lokasi alamat lengkapnya, mudah-mudahan bisa saya cari tahu keberadaannya

    ReplyDelete
  4. di kidul desa tolo seyegan sleman, tepatnya selatan penampungan candi seyegan ada candi juga, bentuk persegi, berupa kamar, tepatnya 2 kamar

    ReplyDelete
  5. kemarin sempet kesini..
    bagus sih..tapi kurang keterangan informasi

    ReplyDelete