Wednesday, October 13, 2010

Situs Progowati

Lokasi :
Dsn.Paren, Ds.Progowati, Kec.Mungkid, Kab.Magelang.

Gerbang Dsn.Paren, Ds.Progowati 
Sejarah :
Situs progowati saat ini hanya tinggal nama saja dan masyarakat dusun paren tidak banyak yang mengetahuinya. Dahulu sekitar 15 tahun yg lalu ada seorang warga desa yang menemukan sebuah arca ganesha di sungai pabelan yang berada hanya sekitar beberapa ratus meter dari dusun. Arca ganesha yang diketemukan masih utuh dan terbuat dari batu andesit dengan ukuran tinggi sekitar 1 m. Penemuan arca tersebut ditindak lanjuti dengan dilaporkan ke pihak purbakala dan saat ini arca tersebut sudah diamankan ke Balai Konservasi Peninggalan Borobudur. Selain arca ganesha sebenarnya dahulu banyak sekali lumpang batu yang tersebar di beberapa rumah penduduk, akan tetapi saat ini lumpang-lumpang tersebut sudah tidak ada lagi karena dijual oleh warga.

3 comments:

  1. kalau arca ganesha tersebut ditemukan di aliran sungai pabelan, kemungkinan arca tersebut berasal dari CANDI LUMBUNG, karena candi Lumbung letaknya tepat di tepi sungai Pabelan bagian hulu. Lokasinya di Desa Sengi, Kec. Dukun. Tapi untuk bisa sampai ke candi harus melewati sawah-sawah. Di dekat candi lumbung masih ada 2 candi lagi, Candi ASU dan Candi PENDEM masih di desa sengi juga, tepatnya dsn. Candi. Lokasi candi Pendem di tengah sawah, jadi tak tampak dari jalan, tanya aja warga, mereka pasti tahu

    ReplyDelete
  2. wah ki cedhak omahku ki..salam magelangan mas

    candi borobudur dan sekitarnya belum di review yo mas?

    ReplyDelete
  3. Mas eris anda benar,kemungkinan besar memang arca tersebut berasal dari candi tersebut. Hanya sayang ketiga candi tersebut kurang diperhatikan dan terpencil diantara sawah dan ladang.

    Agha : Wah kalau aku bisa mampir dong mas. Untuk candi-candi besar memang belum saya review. Saat ini baru situs-situs kecil seperti ini yang ingin saya perkenalkan.

    ReplyDelete