Sunday, January 10, 2010

Situs Beji

Magelang adalah tempat dimana saya tinggal dan bekerja. Dari cerita yang sudah saya dengar dari ayah saya saat saya masih kecil diceritakan bahwa di magelang menyimpan banyak peninggalan situs-situs purbakala yang terlupakan. Umumnya masyarakat hanya mengenal candi di magelang sebatas candi borobudur dan candi mendut. Tetapi dari data yang saya peroleh dari rekan saya, di magelang tertutama di wilayah kabupaten banyak sekali situs-situs purbakala dan candi. Salah satunya adalah situs yang akan saya bahas kali ini yaitu situs beji. Situs ini memang belum secara resmi terdaftar di dinas purbakala, info yang saya dapat adalah dari cerita teman SMP saya yang kebetulan tinggal di daerah dimana candi ini berada.

Lokasi :
Situs candi ini diketemukan di Dsn.Beji, Ds.Tampir Kulon, Kec.Candi Mulyo, Kab.Magelang.

Rute :
  1. Dari Jogja setelah anda sampai di mertoyudan tepatnya setelah Ruko Metro Square maka di sebelah kanan jalan terdapat Gerbang Bumi Prayudan.
  2. Masuklah ke jalan tersebut dan ikuti terus sampai anda tiba di desa tampir dan carilah lokasi kantor kelurahan desa tampir (lokasi di kanan jalan).
  3. Untuk menuju dsn beji maka darikantor kelurahan majulah sedikit maka akan menjumpai sebuah pertigaan di kiri jalan. Ikuti jalan tersebut dan kondisi jalan berupa jalan berbatu.
  4. Maka anda akan sampai di sebuah pertigaan, belok kanan dan anda  akan melewati jalan berbatu berupa jalan turun. Ikuti terus jalan tersebut maka akan sampai di dsn.beji.
  5. Tanyakan kepada penduduk lokasi candi beji berada.
Lokasi reruntuhan candi beji diketemukan
Batu2 candi yg masih berada di lokasi penemuan
Beberapa batu candi yg berserakan dirumah warga

Sejarah :
Reruntuhan candi ini diketemukan sekitar tahun 2006 oleh pemilik lahan yang akan membuat batu bata. Penemuan candi ini sudah dilaporkan ke Kelurahan dan Pemda setempat serta  sudah sempat ditinjau, tetapi karena kewenangan penemuan candi adalah tugas Dinas Purbakala maka pihak Pemda setempat akhirnya pun tidak mengurusi penemuan ini. Entah sudah dilaporkan ke purbakala atau belum yang jelas sampai saat ini belum ada tindakan dari pemerintah. Sebagian besar batu-batu candi masih terpendam di lokasi penemuan, sebagian batu yang sudah digali oleh pemilik rumah ditumpuk di belakang rumah serta beberapa berserakan di sekitar rumah. Tidak diketahui corak keagamaan dari reruntuhan candi ini sebab tidak ada arca, yoni maupun lingga yg diketemukan.

Batu mirip antefiks
Batu2 candi yg diketemukan ditumpuk dibawah pohon
Batu2 candi yg diketemukan
Batu2 andesit bagian dari situs beji

No comments:

Post a Comment