Monday, January 11, 2010

Candi Miri

Perjalanan mencari candi berlanjut kembali di wilayah prambanan. Setelah daerah madurejo dan bokoharjo kali ini penjelajahan saya arahkan ke daerah sambirejo yang merupakan daerah perbukitan. Daerah sambirejo ini terkenal dengan keberadaan Kraton Ratu Boko. Penuh perjuangan dan petualangan yang sangat menantang dalam pencarian candi kali ini. Candi yang akan saya tuju bernama candi miri yang menurut informasi berada diatas sebuah bukit. Informasi mengenai rute dan lokasi candi sangat minim dan hanya berbekal tekad serta jiwa petualanganlah yang membuat pencarian ini saya lakukan.

Lokasi :
Lokasi reruntuhan candi ini berada di atas sebuah bukit di Ds.Nguwot, Kel.Sambirejo, Kec.Prambanan, Kab.Sleman. Untuk mencapai candi ini hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki menaiki bukit dan menembus hutan.Saya yakin anda pasti akan tersesat jika belum pernah ke candi ini sebelumnya. Harap berkunjung pada pagi hari dikarenakan masih banyak warga yang berada di ladang yang bisa anda tanyai, syukur2 anda bisa diantar oleh warga sekitar.

Rute :
  1. Di gerbang perbatasan DIY - Jateng di depan kompleks candi prambanan ada sebuah jalan kecil melintasi rel yang akan menuju ke daerah sambirejo.
  2. Ikuti jalan tersebut lurus terus sampai anda menanjak melewati bukit dan sampai di SD Sumberwatu.
  3. Dari SD ini berjalanlah terus sampai anda tiba dipertigaan, jika belok kanan anda akan menuju ke Kraton Ratu Boko, jadi belok kiri dan ikuti jalan tersebut.
  4. Anda akan menemui lagi sebuah pertigaan,jika anda belok kanan maka akan menuju Candi Barong. Jadi belok kiri dan ikuti terus jalan tersebut dan anda akan sampai di desa sambirejo.
  5. Setelah melewati ds.sambirejo anda akan tiba disebuah dusun dibawah sebuah bukit, dusun tersebut adalah dusun nguwot. Parkirlah kendaraan anda di rumah warga sekitar dan lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menaiki bukti menuju ke candi miri.
  6. Petunjuk ke candi ini tidak ada, jadi harap diingat jalan yang anda lalui. Sebagai petunjuk anda bisa mengikuti kabel telekomunikasi yang berada disepanjang bukit ini. Kabel ini berujung disebuah pemancar diatas bukit yang berada tidak jauh dari candi miri.
 
Reruntuhan candi miri diatas bukit
Beberapa batu2 ini adalah batu andesit dan sebagian batu putih
Batu2 candi yg ditumpuk dan sulit untuk direkonstruksi
Tumpukan batu ini masih menyisakan pondasi yg masih utuh

Sejarah :
Candi miri merupakan reruntuhan candi Hindhu yg berada diatas sebuah bukit. Bentuk candi sudah tidak utuh dan hanya terdapat batu2 tidak beraturan yang ditumpuk tanpa ada rekonstruksi mengingat batu2 candi sudah banyak yang hilang. Candi miri terbuat dari paduan batu putih dan batu andesit. Di situs ini terdapat 3 buah yoni, 2 diantaranya masih bagus tapi 1 lagi sudah pecah dan hancur. Selain batu2 dan yoni pernah ditemukan arca sekitar 300 m dari candi, saat ini sudah diamankan pihak BP3.
 Tidak jauh dari candi miri juga terdapat situs arca ganesha dan beberapa candi seperti candi ijo, candi barong dan Kraton Ratu Boko.

Yoni pertama candi miri
Yoni kedua yg keadaannya sudah tidak utuh
Yoni ketiga candi miri


No comments:

Post a Comment