Sunday, January 10, 2010

Situs Pejenan

Keberadaan situs ini saya ketahui dari penduduk sekitar yang kebetulan menemani saya ketika mengunjungi situs kaliworo B. Beliau bercerita bahwa tidak jauh dari situs kaliworo B terdapat lagi sebuah reruntuhan candi dibawah rerimbunan pohon bambu yang berada di daerah ngemplakseneng. Dari informasi tersebut maka saya mencoba untuk mencari dimana situs tersebut berada.

Lokasi :
Situs ini berada sekitar 2 km dari situs kaliworo B yaitu berada di Dsn.Pejenan, Ds.Ngemplakseneng, Kec.Manisrenggo, Kab.Klaten.

Rute :
  1. Dari situs kaliworo B maka ikutilah jalan berbatu bekas penambangan pasir untuk menuju ke dsn.pejenan. 
  2. Setelah melewati areal bekas penambangan pasir maka anda akan masuk ke sebuah dusun, berjalanlah terus sampai anda menemukan sebuah pertigaan. 
  3. Belok kiri ke pertigaan tersebut yang berupa jalan setapak dan sekitar 50 m anda akan melihat rimbunnya pohon bambu.
  4. Dibawah kerimbunan pohon bambu tersebut lokasi situs pejenan berada.
Batu2 candi situs pejenan
Batu2 ini tersebar dibawah rimbunnya pohon bambu
Yoni situs pejenan
Batu2 candi diantara tanaman liar

Dilokasi ini masih banyak terpendam batu2 candi

Sejarah :
Keadaan situs ini sangat memprihatinkan karena batu2 candi tersebar berserakan dan tidak terawat. Lokasi situs ini berada di bawah rimbunya pohon bambu. Di dekat candi ini ada rumah yang dulunya rumah juru rawat candi ini dan sekarang sudah meninggal dunia. Mengenai kapan diketemukan situs ini tidak ada yg mengetahui dengan pasti dan sepertinya situs ini tidak mendapat perhatian dari pihak purbakala. Tidak ada papan nama candi seperti di situs kaliworo B. Tidak diketahui mengapa situs ini tidak di beri nama situs kaliworo A, Dari peninggalan berupa sebuah yoni dapat diketahui latar belakang situs ini adalah bercorak Hindhu.

No comments:

Post a Comment