Sunday, January 10, 2010

Situs Kaliworo B

Penjelajahan situs purbakala yang saya lakukan kali ini adalah mencari keberadaan situs kaliworo yang saya dapatkan infonya dari teman saya seorang sopir truk pasir. Daerah kaliworo memang berada dekat dengan gunugn merapi dan di lokasi ini merupakan tempat penambangan pasir. Perjalanan yang saya tempuh untuk mencari situs ini cukup lama dikarenakan saya tersesat dan minimnya informasi dari masyarakat.

Lokasi :
Reruntuhan candi ini berada di Dsn.Pacitan, Ds.Ngemplakseneng, Kec.Manisrenggo, Kab.Klaten.

Rute :
  1. Dari perempatan lampu merah manisrenggo maka belok kiri dan ikuti terus jalan tersebut ( Jl.Manisrenggo).
  2. Setelah sampai di daerah trowangsan anda akan bertemu dengan sebuah pertigaan, maka beloklah kanan dan ikuti terus jalan tersebut.
  3. Dari jalan tersebut anda akan berjumpa dengan sebuah pertigaan dan maka beloklah ke kiri dan ikuti terus jalan tersebut dan anda akan sampai di dsn.pacitan.
  4. Masuklah ke dusun tersebut dan tanyakan lokasi candi berada kepada warga sekitar.
Lokasi  dan papan nama situs
Reruntuhan candi dibekas lahan penambangan pasir
Batu2 candi yg sulit untuk direkonstruksi lagi
Serakan batu2 candi
Hiasan ratna
Puncak ratna


Sejarah :
Situs ini diketemukan secara tidak sengaja 17 tahun yang lalu oleh penambang pasir. Mengingat lokasi situs ini adalah penambangan pasir Gol C. Situs ini sudah diberi papan nama oleh Pihak BP3 tetapi belum dipugar sama sekali. Banyak dari sebagian besar batu-batu situs ini yang tidak diketemukan. Situs ini dulu pernah secara tidak sengaja batu2nya terangkut oleh truk material. Dari peninggalan berupa ratna dapat disimpulkan bahwa corak candi ini adalah peninggalan Hindhu.

No comments:

Post a Comment