Sunday, January 10, 2010

Situs Candi Ngablak (Candi Kulon)

Menjelajahi dan mencari keberadaan dari sesuatu yang telah dikatakan hilang cukup membuat rasa penasaran yang ingin membuktikan kebenarannya. Ditahun 2005 salah seorang teman bercerita bahwa dulu di sekitar candi sewu terdapat 4 buah candi yang mengelilinginya. Kebetulan teman saya tersebut tinggal di desa bugisan yang berada tidak jauh dari candi sewu. Tidak banyak info atau tidak ada buku sejarah yang menceritakan mengenai keberadaan candi-candi ini. Untuk membuktikan cerita tersebut saya mencoba untuk menjelajahi wilayah prambanan tepatnya di sekitar candi sewu. Dari info yang saya peroleh diceritakan bahwa candi sewu dahulu dikelilingi oleh 4 buah candi, yaitu :
  1. Candi Rejo ( Candi Lor ) berada di utara candi sewu
  2. Candi Gana ( Candi Asu ) berada di timur candi sewu
  3. Candi Bubrah berada di selatan candi sewu
  4. Candi Ngablak ( Candi Kulon ) berada di barat Candi Sewu
Penjelajahan pertama saya tujukan untuk mencari Candi Ngablak / candi kulon yang menurut cerita berada disebelah barat (kulon) candi sewu.

Lokasi :
Situs Candi Ngablak berada di Dsn.Ngablak, Ds.Bugisan, Kec.Prambanan, Kab.Klaten

Rute :
  1. Dari pertigaan candi prambanan belok kiri dan ikuti terus jalan tersebut (Jl.Candi sewu) sampai anda tiba disebuah pertigaan. Bila belok kanan maka anda akan tiba di Jl.Manisrenggo (arah candi plaosan).
  2. Lurus terus sampai anda sampai pertigaan dusun candirejo. Belok kiri dan ikuti terus jalan tersebut sampai anda tiba disebuah perkebunan tebu. 
  3. Parkirlah kendaraan anda ditepi perkebunan tebu tersebut dan masuklah ke adalam kebun tebu tersebut sampai anda tiba disebuah sungai.
  4. Reruntuhan candi ngablak ada disepanjang aliran sungai dan sebagian disusun ditepi sungai sebagai talud.
  5. Untuk lokasi penemuan sebagian reruntuhan candi ngablak yang ditemukan tahun 2009 berada di sebuah halaman rumah penduduk yang berjarak sekitar 10 meter dari perkebunan tebu tersebut.
Batu2 candi ngablak yg hanyut di sungai
Batu2 candi ngablak yg hanyut di sungai
Beberapa batu juga banyak yg berada di tepi sungai
Batu2 candi ngablak yg hanyut di sungai
Batu2 candi yg berada di areal ladang tebu dekat sungai
Batu2 candi yg berada di areal ladang tebu dekat sungai

Lokasi penemuan batu2 candi yg sedianya akan dibuat kolam


Sejarah :
Situs ini disebut juga candi kulon yang dalam bahasa jawa kulon artinya barat. Candi ini sudah hancur dan berserakan di sepanjang aliran sungai. Beberapa batu berada di kebun tebu dan sebagian besar dijadikan talud di sepanjang sungai. Cukup banyak batu2 candi yang hanyut disungai ini, tidak diketahui kenapa batu2 ini dibiarkan begitu saja dan tidak ada tindakan penyelamatan dari Pihak Purbakala. Untuk sejarah tentang candi ngablak pun tidak banyak diketahui, dikarenakan candi ngablak berada dilingkungan candi sewu yang beraliran Buddha dan merupakan salah satu candi yang mengelilinginya maka dipastikan bahwa candi ini beraliran Buddha.

Batu2 candi hasil penemuan bulan juli 2009
Batu2 candi ini sudah didata oleh BP3
Pada bulan juli 2009 diketemukan struktur batu2 candi tidak jauh dari sungai lokasi batu2 candi berada. Penemuan terjadi secara tidak sengaja ketika pemilik tanah sedang menggali tanah untuk pembuatan kolam. Batu2 candi tersebut ditumpuk didekat lokasi penemuan dan sudah diregistrasi oleh pihak BP3.

No comments:

Post a Comment