Saturday, July 3, 2010

Arca Ganesha Dawangsari

Lokasi :
Situs arca Ganesha merupakan salah satu peninggalan hindhu yang berada tepatnya di Dsn.Dawangsari, Ds.Sumberwatu, Kec.Prambanan, Kab.Sleman - Yogyakarta.

Detail arca yg jelas menunjukkan ini adalah Ganesha
Lokasi arca ditengah rimbunnya ladang dan pepohonan
Ukuran arca ini sangat besar tetapi kondisinya sudah rusak

Sejarah :
Arca ini berada tersembunyi diantara rimbunnya pepohonan serta berada diantara kebun pertanian milik warga. Lokasinya yang tersembunyi membuat tidak mudah untuk menemukan keberadaan situs ini, bahkan banyak warga sekitar yang juga tidak paham dengan keberadaan situs ini. Arca ganesha ini memang sudah tidak utuh lagi, hanya bagian kaki dan perut serta sedikit belalai yang masih terlihat. Untuk bagian kepala sudah tidak ada, kemungkinan rusak dimakan waktu.

4 comments:

  1. Beasr sekali, penasaran sebesar apa "candinya". Ini jauh apa ga dari Candi Prambanan ? Arah pastinya ke sini dari Candi prambanan ?

    ReplyDelete
  2. Arca ini sangat besar sekali, bisa dipastikan candinya sangat besar. Arca ini berjarak cukup jauh dari prambanan sekitar 4 km.
    Rute :
    1. Dari candi prambanan, tepatnya di gerbang perbatasan propinsi DIY-Jateng ada jalan kecil yg akan melintas rel. Ikuti jalan tersebut melewati Ds.Kebon Dalem Kidul sampai akhirnya akan menanjaki bukit.
    2. Jalan menanjak tersebut akan sampai ke Ds.Sumberwatu, setelah melewati SD Sumberwatu akan sampai ke sebuah pertigaan. Ambil kiri lalu lurus dan akan sampai ke jalan cabang 2.
    3. Ambil arah kiri (jalan menanjak) kurang lebih 20 m akan sampai ditanah yg agak rata.
    4. Lokasi arca ada di bawah dan ditengah rimbunnya tanaman dan tidak terlihat dari jalan.

    ReplyDelete
  3. waktu saya ke sana (waktu musim hujan), vegetasinya bener2 rapet dan nyaris gak ada jalan setapak menuju ke arca.

    ReplyDelete
  4. Betul mas, arca ini tertutup vegetasi yg lebat sekali dan tersembunyi.Apalagi jika musim hujan, nyamuknya juga buanyak buanget. Pertama kali mencari arca ini hampir putus asa karena susah banget.

    ReplyDelete