Monday, January 11, 2010

Situs Candi Kalongan

Banyak dari sekian situs purbakala yang saya jumpai keadaan dan kondisinya sangat memprihatinkan. Hancur, rusak dan berlaih fungsi. Dari penuturan seorang warga saat saya berkunjung melihat pemugaran Candi Sojiwan diceritakan bahwa dahulu didekat candi sojiwan terdapat sebuah candi. Candi tersebut sekarang memang tidak nampak lagi tetapi candi tersebut sudah berubah fungsi menjadi sebuah pagar. Reruntuhan candi tersebut bernama Candi Kalongan sesuai dengan tempat dimana candi tersebut berada.

Lokasi :
Dsn.Kalongan, Ds.Kebon Dalem Kidul, Kab.Klaten.
Rute :
  1. Untuk dapat mencapai reruntuhan candi kalongan pertama kali anda harus pergi ke candi sojiwan terlebih dahulu yg berada di Ds.Kebon Dalem Kidul, Kab,Klaten.Rute : Dari perbatasan DIY-Jateng dari arah Yogya ada sebuah jalan kecil yg melintasi rel kereta api di sebelah kanan dekat dengan gerbang perbatasan. Ikuti jalan tersebut sampai anda sampai di Ds.Kebon Dalem Kidul ( kiri jalan )
  2. Maka anda akan sampai di candi sojiwan, untuk lokasi candi kalongan anda tinggal menyusuri jalan di dekat candi kalongan dan anda akan sampai di dukuh kalongan. 
Situs candi kalongan hanya tinggal cerita dikarenakan batu2 candi sudah berubah menjadi pagar rumah.
Disini dapat dilihat susunan batu-batu candi yg telah berubah menjadi pagar.
Pagar desa yg menggunakan batu2 candi
Sebagian batu berada ditepi jalan desa
Batu2 candi yg berserakan dihalaman rumah warga
Dibawah tumpukan batu ada beberapa batu yg berelief
Beberapa batu berornamen masih terlihat
Sebelum gempa jogja 2006 ukuran pagar ini lebih tinggi

Sejarah :
Dalam kunjungan saya ke Candi Sojiwan pertama kali ada hal yang membuat saya penasaran, hal tersebut tidak lain adalah adanya tumpukan batu-batu andesit yang disusun menjadi pagar sebuah rumah. Lokasi situs ini  hanya beberapa meter dari candi sojiwan. Untuk menjawab rasa penasaran tersebut saya mencoba bertanya kepada seorang bapak yg sedang duduk di tepi jalan dekat susunan batu ini.
Dari penjelasan bapak ini diceritakan bahwa batu-batu yang disusun ini dulu adalah sebuah candi yang bernama Candi Kalongan. Pada masa Belanda candi ini mengalami kerusakan yang cukup parah sehingga candi ini di bongkar dan batu-batu candi tersebut disusun menjadi pagar seperti ini. Selain itu batu-batu berelief dan mungkin arca atau bagian candi yg berharga telah lenyap dicuri.

12 comments:

  1. Anda orang yang suka mbulusk,
    SALUT !!
    Ditunggu jelajah situs2 lainnya :D

    ReplyDelete
  2. Terima kasih, blusukan ke candi dan mempelajari sejarahnya adalah hobby sekaligus upaya pengenalan candi kepada masyarakat

    ReplyDelete
  3. SAYANGYA PADAHAL ITU ASET BEHARGANYA NEGARA .. AKU MERASA SANGAT TERHARU

    ReplyDelete
  4. @William : saya sangat terharu dan sedih melihat banyak sekali situs candi yg sekarang sudah rusak dan kadang dirusak oleh warga sekitar dan dijarah. Aset ini sungguh sangat bernilai tapi tidak ada perhatian.

    ReplyDelete
  5. mantep mas...foto candi sojiwane dhurung ono...tambae yo...

    ReplyDelete
  6. Foto candi sojiwan nanti segera aku upload, candi tersebut masih dalam tahap pemugaran.

    ReplyDelete
  7. yang mas foto ini semua kenangan masa kecil sy....itu pagernya rumah mbah lurah tuwo..istilah orang jaman dulu...selamat berkunjung kembali....

    ReplyDelete
  8. maturnuwun mas...saya jadi sedkit mengerti mengenai info masa lalu maturnuwun

    ReplyDelete
  9. Untuk candi sojiwan nanti akan saya bahas dalam artikel lain Mas. TErima kasih juga untuk infonya.
    Masa lalu bangsa kita adalah peradaban Hindhu - Buddha dengan berbagai peninggalan sejarah yang sangat tinggi karyanya.

    ReplyDelete
  10. Candi Sojiwan sudah jadi...
    http://yacob-ivan.blogspot.com/2011/12/candi-sojiwan.html

    ReplyDelete
  11. Betul mas Yacob, tapi sayang saya malah belum sempet nengok setelah peresmian kemarin. Saya dulu sering ke candi ini pada tahun 2009 saat masih proses pemugaran

    ReplyDelete