Sunday, January 10, 2010

Situs Candi Rejo (Candi Lor)

Setelah berhasil menemukan lokasi dan keberadaan candi ngablak / candi kulon maka pencarian terhadap 4 candi yang mengelilingi candi sewu saya lanjutkan. Untuk candi yang kedua adalah Candi rejo atau candi lor (utara) yang diartikan berada disebelah utara candi sewu.

Lokasi :
Dsn.Candirejo, Ds.Bugisan, Kec.Prambanan, Kab.Klaten.

Rute :

  1. Dari pertigaan candi prambanan belok kiri dan ikuti terus jalan tersebut (Jl.Candi sewu) sampai anda tiba disebuah pertigaan. Bila belok kanan maka anda akan tiba di Jl.Manisrenggo (arah candi plaosan).
  2. Lurus terus sampai anda sampai pertigaan dusun candirejo dan disitulah artefak-artefak candi rejo berada.

Hiasan makara candirejo diantara tumpukan batu2 candi
Fragmen stupa


Sejarah :
Candirejo juga merupakan salah satu dari 4 buah candi yg mengelilingi Candi Sewu. Lokasi situs ini berada tepat di sebelah utara candi sewu. Situs candirejo kondisinya sama dengan candi ngablak, hanya saja keadaan candirejo lebih parah. Tidak banyak batu2 candi yg tersisa, hanya tersisa beberapa batu yg dijadikan pagar desa, sebagian berserakan dikebun milik warga dan ada beberapa batu yg berada di saluran irigasi. Dari peninggalan berupa fragmen stupa dapat diketahui bahwa situs ini adalah Candi Buddha.

Batu candi dihalaman rumah warga
Batu2 candi yg dijadikan pagar desa
Batu2 candi yg dijadikan pagar desa
Batu2 candi yg dijadikan pagar desa
Batu candi yg berada disamping saluran irigasi

2 comments:

  1. ini letaknya dimana ya ?
    Dari Prambanan jauh apa nggak ?
    Inikah salah satu dari 4 candi yang menglilingi Candi Sewu ?

    ReplyDelete
  2. Reruntuhan candi ini berada tidak jauh dari candi prambanan tepatnya berada di Ds.Candirejo yg berada di utara candi sewu. Menurut para arkeolog dan cerita dari warga sekitar candi ini memang salah satu dari 4 candi yg mengelilingi candi sewu (Manjusriga).

    ReplyDelete