Sunday, January 10, 2010

Situs Marangan

Masih di wilayah kec.prambanan setelah berhasil menemukan dan menjelajahi situs candi keblak serta situs candi bubrah di wilayah madurejo maka pencarian saya lanjutkan ke wilayah bokoharjo untuk mencari keberadaan sebuah situs candi yang juga berada tidak jauh dari akses jalan ke candi ijo ini.

Lokasi :
Situs ini berada di Dsn.Marangan, Ds.Bokoharjo, Kec.Prambanan, Kab.Sleman.

Rute :
  1. Dari Yogyakarta tepatnya sebelum candi prambanan ada pertigaan lampu merah ke arah piyungan dan ratu boko (Jl.Prambanan - Piyungan ).
  2. Belok ke jalan tersebut dan ikuti terus sampai anda melihat papan petunjuk Candi ijo disebelah kiri jalan.
  3. Ikuti terus jalan tersebut dan sebelum belokan anda akan melihat pertigaan dan  papan nama dusun Marangan.
  4. Masuklah ke dusun tersebut dan anda akan menjumpai artefak-artefak situs marangan tersebar di pekarangan rumah penduduk.
Antefiks dan potongan batu ditepi jalan
Batu2 candi yg dijadikan pagar
Hiasan antefiks di tepi jalan
Batu2 candi yg berserakan ditepi jalan desa
Batu2 candi yg dijadikan pagar

Sejarah :
Situs Marangan merupakan salah satu dari beberapa situs yang berada di daerah Bokoharjo, Prambanan - Yogyakarta.  Situs ini sangat memprihatinkan kondisinya, batu2 candi berserakan dan menjadi pagar rumah warga dan beberapa berada di tepi jalan. Batu2 candi ini sebagian besar sudah dibawa oleh pihak BP3 untuk diamankan diantaranya beberapa lapik arca dan batu2 berelief. Dahulu terdapat 2 buah lapik arca (pedestal) yg berukuran sama dengan di candi keblak, lapik arca tersebut satu berada didalam sumuran candi dan yang satu lagi berada disekitar reruntuhan sumur candi. Keduanya sekarang sudah diamankan ke BP3.

Batu2 candi yg dijadikan pagar
Batu2 candi yg dijadikan pagar
Batu2 candi yg berserakan dirumah warga
Batu2 candi yg ditumpuk dibawah kayu
Lapik arca
Lokasi sumur candi marangan
Sumur candi ini sekarang ditutup
Batu2 candi yg dijadikan pagar

Tidak diketahui secara pasti sejarah situs marangan ini, minimnya informasi dikarenakan tidak adanya prasasti ataupun keterangan mengenai kapan candi ini dibangun dan apa latar belakang keagamaan situs ini pun tidak bisa dipastikan. Yang jelas dari batu2 candi yang masih tersisa saya yakin bahwa dahulu situs marangan merupakan sebuah bangunan candi yang cukup besar.

6 comments: