Wednesday, December 28, 2011

Arca Bugisan

Arca Bugisan sering juga disebut dengan Arca Proliman adalah beberapa buah arca dan reruntuhan batu serta bagian-bagian candi yang tersebar di pekarangan rumah warga. Tempat ini aku kunjungi sekitar tahun 2010 bersama seorang teman blusukan.
Lokasi : 
Dsn.Bugisan, Ds.Purwomartani, Kec.Kalasan, Kab.Sleman

Ditempat ini terdapat 6 buah arca Buddha yang duduk berjejer dan berukuran cukup besar. Tidak diketahui bagaimana sejarah dari arca ini, apakah sejak dulu memang asli berada ditempat ini ataukah pindahan dari tempat lain?? Kondisi arca sudah tidak ada yang utuh lagi dan banyak bagian-bagian arca yang hilang / rusak.

Arca Buddha Bugisan
Selain 6 buah arca tersebut, tersebar di pekarangan penduduk, kebun dan juga makam banyak sekali batu2 candi yang berserakan dan tidak terawat. Batu tersebut ada yang berupa Makara, batu yang berhias / berelief, batu2 polos penyusun badan candi dan sebuah batu yang mirip stupa.

Batu-batu candi yang tersebar di kebun
Batu mirip stupa yang  berada di pekarangan warga
Hiasan Kala yang tergeletak di kebun
Makara yang berada didepan arca
Hiasan Kala



Dari peninggalan berupa arca Buddha serta batu2 candi yang tersisa ditempat ini , diperkirakan dahulu pernah ada sebuah candi Buddha yang cukup besar ditempat ini. Hanya sayang sejarah peninggalan ini tidak jelas dan warga sekitar juga tidak banyak tahu asal mula arca & batu2 candi tersebut. Lokasi tempat arca ini berada sebenarnya tidak jauh dari Kantor BP3 ( Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala) DIY.

No comments:

Post a Comment