Thursday, December 29, 2011

Candi di Teras Pertama Kompleks Candi Ijo

Bagi anda yang menyukai candi-candi peninggalan Hindhu tentunya tidak asing dengan Candi Ijo. Sesuai dengan namanya candi ini berada diatas sebuah bukit yang oleh masyarakat sekitar disebut gumuk ijo dengan ketinggian sekitar 410 m dpl. 

Lokasi : 
Dsn.Groyokan, Ds.Sambirejo, Kec.Prambanan, Kab.Sleman


Kompleks candi ijo terdiri dari 17 struktur bangunan yang terbagi dalam 11 teras berundak. Teras pertama sekaligus halaman menuju pintu masuk merupakan teras berundak yang membujur dari barat ke timur. Bangunan pada teras ke-11 berupa pagar keliling, delapan buah lingga patok, empat bangunan yaitu candi utama, dan tiga candi perwara. Peletakan bangunan pada tiap teras didasarkan atas kesakralannya. Bangunan pada teras tertinggi adalah yang paling sakral.

Candi ini hanya dipagari kawat seadanya
Kondisi candi yang masih terlihat bentuknya
Struktur batu putih
Pada teras  pertama atau bisa disebut teras paling bawah dan lokasinya sedikit terpisah dari kompleks terdapat reruntuhan candi. Reruntuhan ini bukan terbuat dari batu andesit melainkan terbuat dari batu putih. Kondisi candi ini sangat berantakan dan batu2 putih penyusun candi ini sudah banyak sekali yang aus karena terkena panas dan hujan serta tidak adanya perawatan.

Batu-batu banyak yang sudah aus
Sumuran candi
Ornamen yang masih terlihat
Ornamen yang masih terlihat
Ornamen yang masih terlihat
Ornamen yang masih terlihat
Lokasi teras pertama ini hanya dipagar kawat seadanya dan sepertinya tidak pernah diurus. Tetapi dari reruntuhan batu2 tersebut masih bisa dijumpai beberapa batu berelief yang masih terlihat jelas ukirannya.

2 comments:

  1. Cobalah Anda pergi ke Candi Ijo lagi. Sudah tampak jauh berbeda. Lebih utuh, lebih indah, dan lebih misterius. Candi ini sebenarnya candi makam abu jenazah dari Rakai Panumbangan Dyah Tagwas, penguasa Bokoharjo di masa silam. Musuh dari Rakai Walaing Pu Kumbhayoni alias Prabu Boko.

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo yang sudah selsesai dipugar itu adalah teras utama mas..
      tapi kalo yang teras lainnya belum semuanya dipugar, karena memang di candi ijo itu terdiri dari bebrapa teras, dan kalo gak salah ada 11 teras..

      Delete