Tuesday, December 20, 2011

Candi Banon yang telah hilang

Wilayah disekitar Candi Borobudur ditemukan banyak sekali situs-situs purbakala peninggalan Hindhu yang sudah hilang, beberapa hanya menyisakan artefak-artefak saja. Sebagian besar situs-situs tersebut terbuat dari batu bata yang dalam bahasa jawa disebut "banon". Dikarenakan bukan terbuat dari batu andesit maka situs2 ini banyak sekali yang sudah musnah. Salah satu candi yang sampai saat ini saya cari keberadaannya adalah Candi Banon, dimanakah candi ini sekarang?

Lokasi :
Ds.Jligudan, Kec.Borobudur, Kab.Magelang.

Candi ini menurut informasi dari ditemukan pada tahun 1935 oleh Pemerintah Hindia Belanda. Candi ini terbuat dari struktur batu bata (banon), saat ditemukan candi ini sudah hancur berserakan dan banyak batu2 candi yang hilang (mungkin sebagian besar diambil penduduk sekitar untuk bahan bangunan). Tetapi dari reruntuhan candi tersebut diketemukan 5 buah arca yang terbuat dari batu andesit, salah satunya adalah arca Ganesha.

Arca Ganesha Candi Banon
Salah satu arca yang ditemukan di Candi Banon

Saat ini kelima arca tersebut sudah diamankan di Museum Nasional Jakarta. Lokasi candi ini diperkirakan disebelah utara atau sekitar 700 m dari Candi Pawon dan berada di tepi sungai elo. Hanya sayang sampai saat ini sudah berulang kali saya mencoba mencari sisa2 dari candi banon ini, tetapi tidak ada satu pun penduduk desa jligudan yang mengetahui tentang candi ini, mungkin suatu saat ada titik terang tentang keberadaan candi banon ini.

No comments:

Post a Comment