Saturday, December 10, 2011

Candi Perot

Candi perot merupakan salah satu dari peninggalan purbakala berupa reruntuhan candi yang berada di Ds.Pringapus, Kec.Ngadirejo, Kab.Temanggung - Jawa Tengah. Candi ini dinamakan demikian yaitu perot ( Bahasa Jawa) yang artinya miring, hal ini terjadi karena candi ini rusak dan miring dikarenakan terhimpit oleh pohon beringin besar yang tumbuh ditengah candi.Pohon tersebut tumbuh besar dan akhirnya menghancurkan candi tersebut. Candi ini menurut cerita pada tahun 1907 runtuh dikarenakan sebuah badai yang sangat besar.

Foto Candi Perot tahun 1930, terhimpit oleh pohon beringin
Arca Durga & kemuncak
Yoni candi perot
Hiasan pada badan candi perot
Hiasan Makara pada pintu masuk candi
Hiasan Kala pada ambang masuk pintu candi
Batu-batu candi dan antefiks
Candi ini berada 300 m dari candi pringapus yang kondisinya masih sangat baik. Candi perot sekarang sudah dibongkar dan batu2 candi perot dipindahkan dari lokasi ke halaman candi pringapus. Belum ada rencana untuk rekonstruksi candi perot. Candi ini merupakan candi Hindhu sama seperti candi pringapus, yaitu dengan diketemukannya yoni, arca durga.

5 comments:

  1. Akhirnya artikel mas Tarabuwana (kalau gak salah mas Rafael) nongol lagi... Yah, saya waktu itu sudah pernah ke Candi Pringapus sekaligus Candi Liyangan.

    Trims juga atas info-info candi yang sebelum-sebelumnya.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih. Maaf saya lama nonggol,lagi sibuk di kerjaan yang baru.Candi Pringapus dan liyangan memang berada dalam satu wilayah di ngadirejo.

    ReplyDelete
  3. Ktanya disebelah desa liyangan,yi desa kramat,ditengah desa ada bekas candi.perlu diteliti....

    ReplyDelete
  4. Terima kasih atas infonya pak Rafael,
    Jom bergabung dengan kami di Facebook,
    Kelab peminat sejarah dan misteri, ( k.p.s.d.m )

    ReplyDelete