Wednesday, December 28, 2011

Situs Klodangan

Peninggalan berupa candi atau reruntuhannya di daerah jawa tengah memang sebagain besar terbuat dari batu andesit, tetapi ada juga beberapa penemuan yang menunjukkan bahwa ada juga candi yang ternyata terbuat dari batu bata dan batu putih. Situs yang saya datangi pada tahun 2010 ini adalah salah satu candi yang terbuat dari batu putih.

Lokasi :
Dsn.Klodangan, Ds.Sendangtirto, Kec.Berbah, Kab.Sleman

Situs klodangan merupakan salah satu peninggalan candi yang berada di daerah berbah. Lokasi situs berada di tengah sawah dan untuk menuju situs ini memang cukup sulit, selain harus bertanya sana-sini dan dusun klodangan sebenarnya masih jauh dari lokasi candi ini berada. Candi ini seluruhnya memang belum digali dan nampak ada beberapa struktur batu yang masih terpendam dan hanya digali sedikit. Batu-batu yang digunakan adalah batu putih berbentuk persegi yang sangat mudah sekali rusak dan terkikis oleh air hujan. Selain batu-batu candi tidak ditemukan arca, lingga atau yoni ditempat ini, sehingga latar belakang keagamaan candi ini belum dapat diketahui secara pasti.

Dibawah pohon kelapa ini situs klodangan berada
Situs Klodangan
Situs yang terawat dan asri
Struktur candi dari batu putih
Struktur candi yang masih terpendam

Bagian candi banyak yang sudah aus

Mengenai sejarah tentang candi ini tidak banyak yang saya dapatkan karena saat berkunjung ke tempat ini sang Juru Pelihara sedang tidak berada ditempat. Lokasi candi sangat asri dan terjaga kebersihannya, selain itu tempatnya yang sunyi dan tenang sangat cocok untuk refreshing sambil mempelajari sejarah.

2 comments:

  1. salam nusantara..... apakah saya di perbolehkan untuk share situs budaya ini.... untuk di perkenalkan ke khalayak umum.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru buka blog ini dan bisa balas, silahkan saja tidak apa-apa

      Delete