Wednesday, December 28, 2011

Candi Mangkubumen

Nama Candi Mangkubumen sebenarnya sudah lama sekali aku dengar semenjak aku pindah tugas ke solo tahun 2010. Informasi tentang situs ini tidak begitu jelas, dikarenakan tidak ada keterangan yang pasti baik dari buku sejarah ataupun dari masyarakat sekitar. Tetapi dari artikel internet ada yang menceritakan tntang bangunan ini dan dari info tersebut saya mencoba menjelajahi Kota Solo untuk membuktikannya.

Lokasi :
Candi Mangkubumen berada di Jl.Dr.Ciptomangunkusumo, Solo atau didaerah Mangkubumen tepat di dekat SOLO PARAGON.

Candi Mangkubumen & Solo Paragon

Sejarah :
Bangunan unik itu, menjadi saksi bisu perjalanan sejarah Keraton Kasunanan Surakarta. Candi ini dibangun oleh keraton, kalau tidak salah sekitar tahun 1840. Candi ini dibangun, persis di tempat ditanamnya ari-ari (tali pusar) dari Kanjeng Sosronagoro, Patih dari Keraton Kasunanan Solo yang kesembilan.

Disini pusar Kanjeng Sosronagoro dikuburkan
Candi Mangkubumen
Bentuk yang menyerupai menara Gereja
Prasasti huruf jawa di bagian bawah candi
Menara angin
Bangunan itu sebagai bentuk peringatan atau penghormatan dari kelahirannya. Bangunan tersebut berwarna putih, dengan ornamen unik, serta memiliki menara arah angin. Sekilas bangunan ini mirip menara gereja.Dan menurut juru kunci makam dari Kanjeng Sosronagoro ada di daerah Manang. Sebelum ada Solo Paragon, di sini dulu tempat rumahnya Kanjeng Pangeran Mangkubumi yang pertama, terus diubah fungsinya jadi rumah sakit pusat, namanya sikensoro.

5 comments:

  1. wah mas serius ada situs spt itu d solo? rmh sy cm bbrp blok dr situ tp blm prnh tahu. syg sekali kl trnyta tpt itu menyimpan byk sejarah soalnya dah dibangun mall dan apartemen disana

    ReplyDelete
  2. Serius mas, bangunan itu sejarah dari kraton solo juga, maaf baru sempat bales. Lokasi situs ini memang tergusur oleh Solo Paragon.

    ReplyDelete
  3. Haaa!!!
    Berarti situs ini udah punah????

    ReplyDelete
  4. Saya kesana 2 minggu lalu dan candi mangkubumen masih ada...tapi tampaknya tidak terawat. Sayang sekali.....

    ReplyDelete