Thursday, December 29, 2011

Candi Bendo yang ditenggelamkan

Waduk Gajah Mungkur adalah sebuah waduk yang terletak 3 km di selatan Kota kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Perairan danau buatan ini dibuat dengan membendung sungai terpanjang di pulau Jawa yaitu sungai Bengawan Solo. Untuk membangun waduk ini pemerintah memindahkan penduduk yang tergusur perairan waduk dengan transmigrasi bedol desa ke Sitiung, wilayah Provinsi Sumatera Barat.Hal yang akan saya bahas dalam artikel kali ini bukan tentang waduk ini tetapi tentang hilangnya benda cagar budaya berupa sebuah candi yang dulu berada disebuah dusun sebelum akhirnya ditenggelamkan menjadi waduk.

Lokasi :
Dsn.Wiroto, Kec.Tirtomulyo, Kab.Wonogiri (Sekarang sudah ditenggelamkan menjadi waduk).

Sebelum ditenggelamkan menjadi waduk, disalah satu desa yang bernama ds.bendo terdapat sebuah bangunan candi yang langka dan unik dibandingkan dengan candi-candi lain yang ada di jawa tengah. Umumnya candi di jawa tengah menggunakan bahan batu andesit sebagai penyusunnnya, tetapi candi bendo ini  merupakan bangunan yang unik karena terbuat dari batu kapur .
Candi tersebut tergolong langka dan memiliki beberapa keistimewaan karena di dalamnya terdapat arca serupa dengan arca di Candi Plaosan, relief berupa pisang bali seperti Candi Sewu, Kalasan, Mendut, dan Candi Jago serta teknik penyambungan batu yang diterapkan memperlihatkan kesamaan dengan Candi Borobudur. Sayang, candi yang memiliki keunikan itu tidak berhasil diselamatkan tapi justru dihilangkan dengan dalih "demi pembangunan".

11 comments:

  1. waow, sepertinya seru mas :D
    semoga temenku yang ikut arkeologi underwater bisa mengabadikan gambarnya sebelum hancur karena lama didalam air :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah menarik sekali, saya tunggu hasilnya

      Delete
    2. FOTO NYA ADA NDAK MS,SAYA ASLI WONOGIRI. WAKTU SD AYAH PERNAH KESANA. MASIH ADA WUJUDNYA. TAPI SETELAH ITU HILANG TAK ADA BEKASNYA. AKU DENGER RANJANG BATU DI BAWA KE YOKYAKARTA. TAPI OLEH SIAPA, TIDAK ADA YANG TAHU. HANYA DISEBUTKAN DI BAWA KE YOKYA.

      Delete
    3. FOTO NYA ADA NDAK MS,SAYA ASLI WONOGIRI. WAKTU SD AYAH PERNAH KESANA. MASIH ADA WUJUDNYA. TAPI SETELAH ITU HILANG TAK ADA BEKASNYA. AKU DENGER RANJANG BATU DI BAWA KE YOKYAKARTA. TAPI OLEH SIAPA, TIDAK ADA YANG TAHU. HANYA DISEBUTKAN DI BAWA KE YOKYA.

      Delete
  2. kalau enggak salah yang ditenggelamkan itu Candi Bendo Kasine.... karena ada nama lain yaitu Candi Bendo Kasur yang terletak di tengah persawahan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin benar mas, karena info tentang candi bendo ini sangat minim sekali

      Delete
  3. Kalau baca artikel seputar wowosari yg muncul dibenak saya malah pemancingan, bakar ikan, and makan-makan, mas. Eh ternyata ada candi kerennya juga toh di wonosari.

    Salam kenal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini yang dibahas Wonogiri atau Wonosari min ?

      Delete
  4. Saya punya peta lama sebelum tenggelam jadi waduk, setau saya tidak ada kecamatan Tirtomulyo

    ReplyDelete
  5. Setelah berpuluh tahun baru inget memang ada candi di bendo, dulu semasa kecil saya masih lengkap dan saya sering naik ke atas candinya, lama kelamaan batunya pada hilang karena banjir, dan akhirnya hilang sama sekali, tp seneng aja karena saya pernah menyaksikan langsung bukti sejarah,

    ReplyDelete