Wednesday, December 28, 2011

Situs Dawangsari

Penjelajahan di daerah sambirejo saya lanjutkan untuk mengunjungi sebuah situs yang berada tidak jauh dari candi barong, yaitu sekitar 200 m disebelah utara. Disini terdapat reruntuhan batu yang disebut dengan nama Situs Dawangsari.

Lokasi :
Dsn.Dawangsari, Ds.Sambirejo, Kec.Prambanan, Kab.Sleman

Apakah sebenarnya situs dawangsari ini? Menurut seorang ibu yang saya temui dan tempat saya menitipkan kendaraan diceritakan bahwa reruntuhan candi tersebut dahulu adalah tanah milik ibu tersebut. Situs ini ditemukan secara tidak sengaja dan oleh masyarakat disebut situs candi pendem. Oleh pemerintah yaitu pihak BP3 tanah tersebut dibeli dan dilakukan penggalian dan proyek untuk merekonstruksi kembali. Akan tetapi entah kenapa sampai sekarang situs ini tetap dibiarkan terbengkalai dan batu2 candi hanya ditumpuk dan berserakan tanpa ada tanda2 perawatan.

Situs dawangsari
Batu-batu yang berserakan
Tumpukan batu yang terbengkalai

Dari hasil kunjungan saya menemukan struktur batu yang disusun melingkar membentuk seperti sebuah bagian bawah sebuah stupa. Dilhat dari bentuknya apabila berhasil disusun kemungkinan stupa tersebut berukuran cukup besar. Selain itu terdapat juga batu berukir berbentuk hexagonal yang umumnya juga merupakan bagian hiasan dari sebuah stupa.

Batu berukir hexagonal
Struktur stupa
Batu penyusun stupa
Selain struktur stupa tersebut tidak ada lagi yang bisa ditemukan selain batu2 berserakan yang ditumpuk dan tidak jelas bagaimana bentuk dan posisinya. Diperkirakan situs dawangsari adalah peninggalan Buddha.

Reruntuhan situs dawangsari
Reruntuhan situs dawangsari
Batu-batu yang ditumpuk

No comments:

Post a Comment