Thursday, December 29, 2011

Yoni Kradenan

Pada bulan Desember 2010 aku dan rombongan Bol Brutu mengadakan blusukan pasca erupsi merapi. Tujuan kami adalah mengunjungi beberapa situs dan candi yang berada di daerah salam dan sekitarnya seperti Candi Losari, Situs Mantingan dan Candi Gunung Wukir. Selepas dari berkunjung ke candi2 tersebut saya dan rombongan melanjutkan perjalanan untuk menuju ke sebuah makam yang berada di daerah srumbung.

Lokasi :
Dsn.Kradenan, Kec.Srumbung, Kab.Magelang.

Apa yang kami kunjungi disini adalah sebuah makam yang sangat unik, yaitu Kawasan Makam Djagadiningratan yang masih termasuk keluarga Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Di makam ini juga terdapat silsilah mulai dari Kerajaan Mataram Kuno. Makam Djagadiningratan ini sangat menarik dan unik yaitu batu nisan makam yang terbuat dari kayu dan dipenuhi dengan ukiran2 kaligrafi arab yang sangat indah.
Hal lain yang menarik bagi saya dan rombongan yang sebagian besar adalah pecinta candi ternyata di makam ini terdapat 2 buah yoni yang tergeletak diantara deretan makam-makam.

Didepan cungkup ini kedua yoni ini berada
Yoni 1
Yoni 2
Yoni tersebut ukurannya tidak begitu besar dan keadaanya masih baik meskipun ceratnya sudah patah dan kondisinya sudah mulai aus. Tidak diketahui dari mana asal kedua yoni tersebut dan dahulu merupakan peninggalan dari situs / candi apa.

1 comment: