Friday, December 23, 2011

Sekilas tentang blusukan.....

Blusukan....yang bisa diartikan menjelajah suatu tempat untuk mencari sesuatu, walau hanya dengan modal nama daerah lokasi (dusun, kelurahan, kecamatan dan nama kabupaten / kota) walaupun seringkali kesasar (keblusuk) tapi  kegiatan ini saya lakukan bukan hanya sekedar hoby tetapi sudah menjadi seperti kecanduan. Blusukan yang saya lakukan memang saya untuk mencari keberadaan candi atau situs purbakala yang kurang dikenal oleh masyarakat. Kegiatan ini memang kadang dianggap seperti kurang kerjaan, tetapi istri maupun orang tua dan rekan2 pun mendukung apa yang kulakukan ini.
Blusukan yang saya lakukan memang hanya masih sebatas di wilayah Jateng & DIY saja, mengingat di kedua wilayah ini banyak sekali tersebar situs-situs purbakala era Hindhu - Buddha. Blusukan lebih banyak saya lakukan seorang diri dan kadang saya lakukan bersama teman atau rombongan yang memang memiliki hobi yang sama. Walau seringkali hasil blusukan tidak membuahkan hasil alias situs yang dicari hanya tinggal nama saja tidak membuat saya kecewa, karena memang itulah kondisi nyata tentang keadaan situs-situs purbakala yang ada di Indonesia, banyak yang hilang, rusak, dicuri dan terlantar. Blusukan ini juga sebagai upaya supaya kita sebagai warga Indonesia khususnya generasi muda bisa lebih mengenal, melestarikan dan menghargai sejarah bangsa kita. SALAM BUDAYA....Dan memang benar bahwa NYANDI ITU NYANDU...........

1 comment: