Thursday, December 29, 2011

Batu candi di Prumpung

Desa prumpung yang berada di pinggir jalan raya Magelang - Jogja tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Apalagi daerah ini merupakan pusat kerajinan ukiran batu dan arca yang sudah terkenal sampai ke mancanegara. Sudah tidak terhitung berapa kali saya melewati daerah ini setiap kali akan ke Yogyakarta ataupun sebaliknya jika akan pulan ke Magelang. Sekitar tahun 2009 saya kebetulan berhenti di daerah ini untuk mengambil foto tugu bambu runcing yang berada didaerah ini pula. Hal yang menarik dan mungkin baru saat itu saya paham, ternyata diantara galeri2 seni tempat pembuatan arca tersebut saya melihat tergeletak di pinggir sebuah rumah ada beberapa batu candi.

Disamping rumah ini batu-batu tersebut berada
Lokasi batu berada
Batu-batu yang tergeletak begitu saja
Mirip bagian sebuah candi ataukah hanya sisa kerajinan?
Batu yang tidak diketahui asal usulnya
Batu tersebut membuat rasa penasaran saya dan mungkinkah batu2 tersebut  sisa dari kerajinan yang tidak terpakai dan diletakkan begitu saja ataukah bagian dari sebuah candi yang mungkin dulu berada disekitar tempat itu??

No comments:

Post a Comment