Wednesday, December 28, 2011

Batu Candi di Pratjimohardjo

Dalam beberapa kunjungan ke candi lawang saya selalu melewati sebuah gapura besar berwarna biru yang membuat rasa penasaran saya. Setelah kunjungan terakhir ke cepogo tanggal 05 desember 2011 saya menyempatkan diri mampir ke tempat tersebut. Tempat tersebut adalah Pesanggrahan Pratjimohardjo yaitu pesanggrahan Pakubuwono X, salah satu raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.
Lokasi :
Desa Paras, Kec.Cepogo, Kab.Boyolali

Gerbang Pesanggrahan Pratjimohardjo
Pesanggrahan yang kini tinggal bekas bangunan dan puing-puing ini konon dulunya sangat megah. Saking mewahnya bahkan sampai seperti miniatur istana keraton. Selain dilengkapi dengan halaman luas yang luas, juga ada pendapa, tamansari dan dalem ageng yang sering digunakan oleh Sinuhun Paku Buwono X untuk tetirah. Tempat yang biasa digunakan untuk beristirahat sang raja itu kini tinggal puingnya saja. Bekas bangunan itu banyak ditumbuhi oleh tanaman liar seperti rerumputan.
Hal yang menarik dari pesanggrahan ini bagi saya adalah adanya beberapa batu2 candi yang tergeletak di salah satu halaman depan pesanggrahan ini. Jumlah batu-batu yang tersisa ditempat ini memang cukup banyak dan entah dari mana batu2 tersebut berasal / ditemukan dan bagian dari situs apakah??

Batu andesit yang merupakan bagian dari sebuah candi

Batu-batu ini tergeletak di depan pesanggrahan

Terdapat beberapa batu sudut sebuah candi


No comments:

Post a Comment