Wednesday, December 28, 2011

Artefak candi di Museum Gula

Berkunjung ke Museum Gula Gondang Winangoen saya lakukan bersama-sama dengan rombongan blusukanku yaitu Bol Brutu setelah kami melakukan kunjungan ke Candi Merak dan Candk Karangnongko sekitar tahun 2010 yang lalu. Museum gula yang kami kunjungi termasuk salah satu cagar budaya peninggalan Kolonial dan sangat menarik untuk dikunjungi.

Lokasi :
Museum ini berada di jalan Jogja - Solo tepatnya berada di daerah Gondangwinangun Kecamatan Jogonalan Kabupaten Klaten.

Museum gula Gondang Winangoen
Museum ini berada bersebelahan dengan Pabrik Gula Gondang Baru (saat ini). Museum Gula didirikan sudah sejak lama, sejarah mencatat bahwa museum ini dibuat pada sekitar tahun 1982. Hal yang sebenarnya menarik bagi saya selain museum tersebut adalah adanya 2 buah artefak candi yang berada di museum ini. Ditempat ini terdapat sebuah Home Stay yang berada masih satu komplek dengan museum. Di halaman samping home stay tersebut terdapat sebuah Jaladhwara atau saluran pembuangan air pada sebuah candi yang berbentuk Makara.

Jaladwhara di Home Stay Gondang Winangun
Selain jaladhwara tersebut, dihalaman belakang Home Stay tersebut juga terdapat sebuah Yoni yang berukuran cukup besar, hanya sayang cerat pada yoni tersebut patah. Selain itu yoni tersebut sudah tidak terlihat menarik lagi karena sudah dicat hitam dan ditempat yang seharusnya dipasang lingga dipasang hiasan baru sehingga nilai seni & sejarahnya jadi hilang.

Yoni di home stay gondang winangun
Tidak diketahui dari mana kedua benda cagar budaya tersebut bisa berada ditempat ini. Apakah memang ditemukan disekitar pabrik gula ini dulunya, ataukah diambil dari suatu tempat??

5 comments:

  1. Ada yang bilang, katanya ada batu candi yang dipakai buat bangun tembok pabrik ini. Kemungkinan ada kalo gak arca ya ukir2an. Karena pabrik gula ini juga Cagar Budaya, katanya gak boleh dicopoti lagi...

    ReplyDelete
  2. Betul mas pabrik gula ini termasuk Cagar Budaya kolonial, kalau begitu mungkin disekitar pabrik ini apakah dulu ada sebuah candi ya?

    ReplyDelete
  3. Kemungkinan itu copotan dari candi lain yang berlokasi tidak jauh...

    ReplyDelete
  4. Sepertinya begitu mas.....diperkirakan didaerah ini pun ada sebuah candi

    ReplyDelete
  5. Di dekat pabrik gula terdapat Candi Merak. Yoni ditemukan di mana2 di daerah bekas Mataram. Di dalam Pura Mangkunegaran pun terdapat yoni, entah diambil dari mana.

    ReplyDelete