Saturday, December 10, 2011

Candi Mendut di masa lalu

Candi Mendut berada di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi yang terletak sekitar 3 kilometer arah timur dari Candi Borobudur ini merupakan candi yang bersifat Budhistis yang dibangun oleh Raja Indra dari wangsa Syailendra. Namun, kapan tepatnya candi ini didirikan oleh Raja Indra belum dapat diketahui secara pasti. Seorang arkeolog Belanda menyebutkan bahwa di dalam prasasti yang ditemukan di Desa Karangtengah bertarikh 824 Masehi, menyatakan bahwa Raja Indra telah membangun sebuah bangunan suci bernama Venunava yang berarti hutan bambu. Dan, jika hal ini benar, maka Candi Mendut diperkirakan didirikan sekitar tahun 824 Masehi.
Candi Mendut yang terbuat dari batu andesit dengan luas bangunan secara keseluruhan adalah 13,7x13,7 dan tinggi 26,4 meter baru ditemukan oleh arkeolog Belanda pada tahun 1836.

Foto Candi Mendut tahun 1870 sebelum direkonstruksi
Foto Candi Mendut tahun 1880 - 1920 sebelum direkonstruksi

 Kemudian, pada tahun 1897 dan 1904 pada bagian tubuh candi direnovasi, namun hasilnya kurang memuaskan. Baru pada tahun 1908 candi dipugar kembali hingga ke bagian puncaknya. Dan, pada tahun 1925 sejumlah stupa yang telah dirapikan, dipasang dan disusun kembali.
Pada bagian dalam bangunan candi terdapat ruangan yang berisi altar tempat tiga arca Budha yang masih dalam kondisi baik. Ketiga arca tersebut mulai dari yang paling kiri adalah Bodhisattva Vajravani, Budha Sakyamuni dalam posisi duduk bersila dengan tangan memutar roda dharma, dan Bodhisattva Avalokitesvara dalam posisi sedang memegang bunga teratai yang diletakkan di atas telapak tangannya. Saat ini, di depan arca-arca tersebut dipasang sebuah pagar besi untuk menghindari interaksi pengunjung yang berlebihan.


Arca Buddha & Bodhisatva di Candi Mendut tahun 1872 sebelum candi direkonstruksi



2 comments:

  1. Wow, it's an amazing treasure...

    ReplyDelete
  2. Betul sekali, dan kita bersyukur sampai sekarang candi ini terawat dengan baik.

    ReplyDelete