Sunday, December 18, 2011

Stupa di Gereja Ignatius Magelang

Gereja tempatku beribadah merupakan termasuk bangunan tua dan bersejarah di Kota Magelang. Gedung yang dibangun sejak tahun 1900 dan berlokasi di Jl.Yos Sudarso - Magelang berdiri megah dengan arsitektur dan gaya khas Gereja Katholik Roma.

Gereja Katholik St.Ignatius Magelang
Tetapi hal yang cukup unik dan baru saya ketahui setelah sekian puluh tahun menjadi umat di gereja ini adalah adanya 2 buah stupa kecil yang berada di bagian samping barat gereja dekat ruang Sankristi. Saya belum menanyakan kepada pengurus gereja tentang sejarah dan kenapa ada stupa disini. Melihat dari bentuknya memang kedua stupa ini terlihat kuno seperti benda cagar budaya peninggalan Buddha yang umumnya saya temui di candi.

Lokasi stupa di dekat tangga ruang Sankristi

Stupa yang berada di sebelah kiri
Stupa yang berada disebelah kanan

Kedua stupa ini masih bagus kondisinya, hanya kurang terawat dan ditumbuhi lumut serta jamur. Mungkin lain kesempatan akan saya coba bertanya kepada pengurus paroki mengenai stupa ini, apakah itu benda cagar budaya ataukah stupa buatan jaman modern.

4 comments:

  1. Salam tarabuwana,
    Saya juga baru kemarin Minggu (18/12) beribadat di sana. Mas Rafael dari Magelang juga to? Kalo rumah saya di Villa Gading Mas V, deket Akmil. Banyak banget informasi yang bisa digali di Tarabuwana, soalnya saya juga kebetulan suka cari batu.

    Salam kenal aja, kapan-kapan kalau ada kesempatan kita cari batu bersama... hoho

    Yacob
    08985101860

    ReplyDelete
  2. Salam kenal juga mas, aku asli magelang dan tinggal didaerah ngentak. Wah berarti kita satu wilayah nih. Terima kasih juga sudah melihat blog ini, tapi maaf masih banyak kekurangan. Kapan2 semoga kita bisa blusukan cari batu bareng.

    ReplyDelete
  3. Menarik sekali membaca blog saudara, kebetulan saya untuk sementara ini sedang tinggal di Magelang tepatnya persis di toko di seberang gereja ini. Kebetulan saya juga memiliki ketertarikan mengenai situs2 dan peninggalan sejarah, barangkali saja kapan-kapan kita bisa bertemu dan mengobrol2 soal ini. Salam!

    ReplyDelete